oleh

Peringati Hari Bhayangkara Ke-74, Kapolres Wonogiri Gelar Syukuran Sekaligus Berikan Penghargaan Bagi Personil yang Berprestasi

WONOGIRI, Mediapolri – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020, Polres Wonogiri menggelar syukuran di Hall Mapolres Wonogiri, Rabu (1/7/2020). Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK MH MSi CPHR.

Selain itu, juga dihadiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf Imron Mashadi SE, Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Setyo Sukarno SSos, Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Agus Irawan Yustisianto SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Muhammad Istiadi SH MH, dan Waka Polres Wonogiri Kompol Edi Wibowo SH MH.

Syukuran tersebut juga dihadiri Kepala Kemenag Kab Wonogiri Drs H Cahyo Sukmana, Kepala Pengadilan Agama Drs H Muhammad Syafi SH MH, Kepala Rutan Kelas II Wonogiri Daniel Kristianto Amd IP SH MH, Kabag OPS Polres Wonogiri Kompol Agus Pamungkas SH MH, Kabagren Polres Wonogiri Kompol Dwi Retnowati SH MH, Kabag Sumda Polres Wonogiri Kompol Hadijah Sahab SH MH, Para Kasat dan Kapolsek Polres Wonogiri, Kepala DKK kab Wonogiri dr Adhi Dharma, Kepala Terminal Giri Adi Pura Wonogiri Agus Harto Purwanto SSos MM, dan Purnawirawan Polri.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing SIK MH MSi CPHR dalam sambutannya mengatakan, puji dan syukur ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala kita panjatkan senantiasa dalam mengawali Amanah ini atas limpahan rahmat dan karunia-nya sehingga kita masih diberikan kesehatan keselamatan kekuatan yang tentunya ini semua kita dapatkan dalam rangka kita di masing-masing bidang tugas memberikan perlindungan terhadap masyarakat serta memberikan pelayanan yang lebih, ini semua dalam rangka tugas dan tanggung jawab kita berbakti kepada bangsa dan negara kita masing-masing.

IMG 20200701 WA0197“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri di manapun berada dan penghargaan yang setinggi-tingginya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dihadapkan pada berbagai keterbatasan menunjukkan dedikasi loyalitas dan integritas yang tinggi sehingga dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif dalam rangka mendukung pembangunan nasional,” jelasnya.

Berbagi pengalaman selama perjalanan waktu 74 tahun, Polri telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri yang lebih cerdas dan Kita patut bersyukur beberapa prestasi dan pencapaian kinerja Polri dewasa ini telah mendapat apresiasi dari pemerintah masyarakat bahkan dunia internasional yang dirasakan masyarakat telah berhasil kita ungkap seperti kasus narkoba, illegal logging, premanisme, maupun berbagai event, agenda kegiatan berskala nasional maupun internasional.

Pada aspek pembinaan masih ditemukan adanya oknum anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin kode etik maupun tidak pidana sehingga menjadi tidak baik dan menurunkan Citra institusi tentunya pernyataan ini menunjukkan bahwa kita harus terus melakukan pembenahan pada aspek organisasi untuk menghasilkan kualitas kinerja yang lebih baik di masa yang akan datang.

IMG 20200701 WA0209“Selanjutnya perlu kita pahami bersama bahwa kesuksesan dan capaian Polri dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari bantuan serta kerjasama masyarakat dan seluruh stakeholder terkait oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini saya selaku Kapolres Wonogiri mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat serta instansi terkait yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas di wilayah kabupaten Wonogiri, harapan saya kiranya semua prestasi dan keberhasilan yang telah diraih selama ini dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” harap Kapolres.

Tantangan yang dihadapi dalam permasalahan pada berbagai aspek kehidupan kemudian mengalir dan muncul menjadi gangguan Kamtibmas dengan berbagai bentuk dan karakteristik yang beragam. Guna memperkuat hubungan kerjasama di atas telah menindaklanjutinya dengan menjalin kesepakatan bersama antara lain tentang pengertian kekerasan fisik dalam mengatasi konflik sosial yang bertujuan agar penanganan terhadap setiap permasalahan dapat berjalan efektif, terpadu sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Hubungan dengan hal diatas saya menilai sangat tepat dan relevan tema yang kita angkat pada Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara tahun 2020 ini yaitu Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif. Tema ini merupakan representasi dari tekad dan semangat kita untuk senantiasa bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa dan negara melakukan kebaikan pembenahan serta berkomitmen menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat.

IMG 20200701 WA0211“Saya percaya dan yakin melalui komitmen bersama dalam rangka reformasi birokrasi yang saat ini sedang kita jalankan, jati diri sebagai Bhayangkara sejati yang anti KKN anti kekerasan serta penegak hukum yang profesional akan semakin menguat dalam setiap diri insan Bhayangkara dan akan memberikan kontribusi yang signifikan yang dipercaya masyarakat bermoral, modern, dan patuh hukum,” tambahnya.

Dengan persiapan kita dalam menghadapi agenda Pilkada serentak tahun 2020, perlu kami sampaikan bahwa penetapan kegiatan tersebut sudah dimulai sejak sekarang dan hubungan dengan hal tersebut maka perkembangan dan dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada.

“Sikapi permasalahan di atas seluruh anggota Polri, selain tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip yang tidak memihak dalam penyelenggaraan pemilu juga harus mampu menentukan langkah-langkah yang aktif sehingga potensi konflik yang ada dapat dikelola dan mungkin agar tidak berkembang,” ungkapnya.

Ditambahkannya, penanganan terhadap konflik sosial di atas lebih jauh saya sampaikan bahwa langkah perpolisian yang tepat bersifat preemtif, preventif dan penegakan hukum harus dirancang dengan baik dan diimplementasikan dengan sungguh-sungguh.

Sebelum mengakhiri amanat ini saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan instruksi kepada seluruh jajaran Polri Polres Wonogiri yakni tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas.

Selain itu, tanamkan terus kesadaran diri bahwa profesi kepolisian adalah wujud pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara dalam memberikan pengabdian terbaik dan pelayanan terhadap masyarakat ketika melakukan deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan terjadinya kriminalitas serta upaya pencegahannya secara maksimal dan melakukan tindakan hukum yang tegas guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat.

Selanjutnya, tingkatkan kesiapsiagaan operasional dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkatkan secara tepat optimalkan kemampuan personil melalui pelatihan rutin yang sistematis lengkapi dengan prosedur tetap yang jelas dan terukur serta didukung dengan sarana prasarana yang sesuai dengan kebutuhan

“Tingkatkan kerjasama koordinasi dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum pengemban fungsi kepolisian dan segenap pemangku kepentingan sebagai implementasi dari pendekatan sinergi perpolisian. Lanjutkan bijak pimpinan tinggi serta tingkatkan prestasi dan pencapaian kinerja tahun 2020 melalui pelayanan prima yang anti KKN,” ujarnya.

Menurutnya, anggota Polri Polres Wonogiri untuk memberikan keteladanan baik internal maupun dengan TNI guna memastikan pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan berkualitas sesuai amanat konstitusi.

“Saya selaku Kapolres Wonogiri mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Wonogiri dan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda yang selama ini sudah terjalin sinergitas yang baik dan terjalin kerjasama dalam rangka membantu tugas-tugas kepolisian negara Republik Indonesia khususnya Polres Wonogiri,” jelasnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam rangka gugus tugas percepatan penanganan konflik yang tentunya dalam hal ini Bapak Bupati yaitu sebagai pemimpin dalam kegiatan kecepatan penanganan kompetensi sudah beberapa kegiatan yang kita laksanakan dimulai dari kita melaksanakan langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi penyebaran dan dari hasil penilaian di tingkat pusat kabupaten Wonogiri ini dianggap baik dalam penyelesaian konflik bekerjasama seluruh stakeholder terkait melakukan upaya – upaya kegiatan pencegahan kemudian lakukan sosialisasi terhadap masyarakat, kemudian juga kita melaksanakan kegiatan sosial yang terus-menerus kita lakukan yang utamanya semuanya kita lakukan dalam rangka memberikan pelayanan, kemudian juga kita melaksanakan langkah-langkah untuk memberikan ketenangan terhadap seluruh masyarakat kabupaten Wonogiri.

Sinergitas yang sudah terjadi selama ini tentunya ke depan akan lebih dapat ditingkatkan dan tentunya kami selaku Kapolres Wonogiri dan seluruh anggota Polres Wonogiri siap untuk mendukung pemerintah daerah dalam rangka mengatasi percepatan penanganan Covid – 19 ini dan tentunya membangun Kabupaten Wonogiri yang kita cintai ini.

Selanjutnya Kapolres Wonogiri memberikan penghargaan kepada anggota Polres Wonogiri yang berprestasi yakni:

a. IPDA PRADANA DWI ATMAJA, S.H., M.H., M.Si NRP 85041409 Jabatan Kanitreskrim Polsek Ngadirojo Polres Wonogiri, Prestasi Ungkap kasus sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan TKP Ngadirojo dan pengembangan di TKP lain di Wilayah Kabupeten Wonogiri.

b. AIPTU UNTUNG MARGONO NRP 68060502 Jabatan PS. Kaurmintu Satresnarkoba Polres Wonogiri, Prestasi Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

c. AIPDA WANTO DWIYANTORO NRP 79100342 Jabatan PS. Paurlog Bagsumda Polres Wonogiri Jabatan, Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas fungsi pelayanan bidang Sarpras Polres Wonogiri.

d. BRIPKA FEBRIHANDY AMBEG SATRIA, S.H NRP 88020389 Jabatan Bamin Bagops Polres Wonogiri, Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

e. BRIPKA DINAR ARIFIANTO, S.H. NRP 88120181 Jabatan Bamin Bagops Polres Wonogiri, Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

f. BRIPKA SUGITO, A.Md. Kep NRP 71040256 Jabatan Bamin Bagsumda Polres Wonogiri (Urkes), Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas fungsi pelayanan bidang kesehatan Polres Wonogiri.

g. BRIPKA WISNU ARI BUDI KRISNANTO, S.H., M.H. NRP 86121192 Jabatan BA Satlantas Polres Wonogiri, Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas fungsi pelayanan kepada masyarakat.

h. BRIPKA DWI HERIYANTO NRP 84081264 Jabatan BA Satlantas Polres Wonogiri, Berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas fungsi pelayanan penyidikan laka lantas yang cepat dan laka lantas menonjol.

i. BRIPKA SUTRIYONO NRP 86020746 Jabatan BA Sattahti Polres Wonogiri, Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

j. BRIPKA HANDITIA PRA ICHTIAN NRP 86010733 Jabatan BA Polsek Wonogiri Kota Polres Wonogiri (Bhabinkamtibmas Desa/Kel Purwosari) Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

k. BRIGADIR NORRIS NEILSON PERDANA NRP 88040692 Jabatan BA Satsabhara Polres Wonogiri, Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

l. BRIPDA JALU JELY ANGGORO SETIAWAN NRP 97040769 Jabatan BA Satsabhara Polres Wonogiri, Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

M. BRIPDA DENNY ZUBAIDI KURNIAWAN NRP 20010225 Jabatan BA Satsabhara Polres Wonogiri (Bko Subbag Humas), Berdedikasi dan loyalitas tinggi dalam melaksanakan tugas dan dapat menjadi suri teladan bagi rekan-rekannya.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam sambutannya mengatakan, kita semua dipertemukan dalam keadaan sehat walafiat yang pertama tentu atas nama pemerintahan Kabupaten Wonogiri menghaturkan selamat kepada Keluarga Besar Polri yang tepat pada tanggal 1 Juli 2020 memperingati hari Bhayangkara yang ke 74 menyampaikan ucapan selamat kepada Kapolres Wonogiri beserta segenap jajarannya dengan satu harapan dan doa Semoga pada usia yang ke 74 tahun ini Polri kedepan semakin profesional semakin modern dan semakin terpercaya memberikan fungsi tugas dan tanggung jawabnya.

“Kita semua hadir memperingati hari Bhayangkara yang ke-74, karena kita semua mengetahui tanggal 02 Maret 2020 negara ditetapkan dalam kondisi darurat nasional total dengan adanya pandemik tentu tidak hanya bicara sekolah daerah tidak hanya bicara skala nasional tetapi kita bicara skala internasional 221 negara menyatakan terpapar pandemi covid 19, sesuai arahan dari bapak presiden 3 bulan setelah dibentuknya gugus tugas dan Kabupaten Wonogiri pada tanggal 16 Maret yang lalu akan sinergisitas seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Wonogiri kita secara ikhlas menggaungkan satu semangat untuk memutus penyebaran mata rantai Covid 19 di Kabupaten Wonogiri dengan diakselerasikan pembentukan gugus tugas percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Wonogiri,” jelasnya.

Ditambahkannya, kendala yang kita hadapi masyarakat kita yang jauh di pelosok-pelosok desa sana tentu mempunyai pemahaman-pemahaman yang sangat terbatas berkaitan dengan peranan virus berkaitan dengan pandemi covid dan berkaitan dari dampak-dampak yang akan dimunculkan dengan adanya pandemi Covid-19.

Mempertegas apa yang disampaikan bapak Kapolda, sinergisitas yang didalamnya ada Polri ada TNI, ada Kejaksaan ada DPRD seluruh elemen masyarakat Bersatu padu melakukan perlawanan terhadap mata rantai, kita tidak sia-sia kita diridhoi oleh Allah Subhanahu melalui BNPT melalui juru bicara gugus tugas di tingkat pusat mendeklarasikan status Kabupaten Wonogiri masuk pada zona aman.

“Profesionalisme kerja dan kinerja dari keluarga besar Polri, keluarga besar TNI di dalamnya ada kerja bersama dari pemerintah daerah yang dipimpin oleh Pak Bambang yang tadi Mohon maaf ini yang kita tunjukkan dalam kerja di bawah naungan gugus tugas percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Wonogiri saat kondisi sosial bermasalah maka disitu akan terjadi kontraksi akan terjadi persoalan-persoalan yang ditimbulkan dari adanya pandemic,” tambahnya.

Menurutnya, tema besar hari Ulang Tahun Polri yang ke-74 ini mengambil satu tema Kamtibmas Kondusif, masyarakat semakin produktif artinya dalam mengemban tugas dalam mengemban tanggung jawab memberikan pelayanan memberikan perlindungan memberikan pengayoman kepada masyarakat Kami selalu memenuhi unsur-unsur profesional, transparansi dan akuntabilitas ada sikap keteladanan maka saat ini menjadi tata nilai baru Maka inilah proses untuk kita mendapatkan kepercayaan bagi masyarakat kita akan semakin profesional dengan mengedepankan semangat modern kita bisa menjawab tantangan zaman, kita bisa beraktualisasi dengan apa yang namanya kecerdasan dan modern memberikan pelayanan bagi masyarakat akan semakin profesional akan semakin modern dan akan mendapatkan kepercayaan karena Polres Wonogiri sudah mencanangkan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, upaya menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi yang terjadi saat sekarang, pelonggaran di seluruh wilayah termasuk di kota-kota besar Surabaya melakukan pelanggaran, Jakarta melakukan pelanggaran, Semarang melakukan pelanggaran.

Apa yang terjadi maka Cluster perjalanan harus menjadi perhatian kita semua kasus terbaru di Kabupaten Wonogiri setelah kita mengalami beberapa kali. Ada masyarakat yang merantau dari Surabaya tepatnya di Kabupaten Sidoarjo menuju Wonogiri mereka Langsung dinyatakan reaktif disuap dan langsung dinyatakan positif.

Ditambahkannya, dengan tingginya orang tanpa gejala dan keterbatasan yang kita miliki kita tidak bisa mendeteksi secara Dini serta untuk itu mempertegas melengkapi apa yang disampaikan bapak Kapolres bahwa tanggung jawab kita dalam menjaga Kabupaten Wonogiri dari Covid 19 belum berakhir mohon kepada para Kapolsek, kepada para komandan Koramil untuk mensosialisasikan menyampaikan woro-woro mengedukasi masyarakat kita memberikan pemahaman – pemahaman yang lebih bisa lebih spesifik bahwa mata rantai penyebaran Covid 19 belum berakhir di Kabupaten Wonogiri.

Dampak yang sangat luar biasa dengan adanya deklarasi zona hijau di Kabupaten Wonogiri pemerintah pusat telah menetapkan tanggal 9 Desember akan digelar Pilkada serentak di 270 Kabupaten kota dan provinsi suasana yang menimbulkan interprestasi pro dan kontra sebagian masyarakat mendukung digelar di tahun di tanggal 9 Desember ada sebagian masyarakat menolak untuk diselenggarakan di tanggal 9 Desember tetapi kita semua hadir sebagai bagian dari pemerintah kebijakan pemerintah sudah memutuskan tanggal 9 Desember akan digelar pesta demokrasi secara serentak untuk memilih kepala kepala daerah maka sudah menjadi satu kewajiban untuk kita mempersiapkan diri.

“Tentu mempunyai satu tanggung jawab yang lebih cerah terberat lagi anggarannya ini cukup luar biasa dari 42 miliar kemarin penambahan untuk pengadaan APD Alat perlindungan diri KPU dan Bawaslu menganut mengajukan anggaran sekitar 9,4 miliar ada keterbatasan anggaran pasti itu upaya yang bisa kita lakukan untuk melakukan efisiensi efisiensi melakukan realokasi melakukan reproduksi agar 9 Desember bisa terselenggara dengan baik artinya tugas dan tanggung jawab kita akan semakin berat mengawal penyelenggaraan Pilkada di era pandemi Covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, bahwa tugas dan tanggung jawab kita ternyata ke depan tidak semakin ringan tetapi akan semakin berat tetapi dengan satu semangat sesarengan bangun Wonogiri insya Allah kita akan diberi kemudahan kita semua akan diberi kesehatan dan kita semua akan diberi keselamatan.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada Polres Wonogiri yang memperingati hari lahir yang ke – 74, tanggung jawab kita dalam rangka memberikan pelayanan, memberikan perlindungan dan dalam rangka memberikan pengayoman kepada warga masyarakat yang kita cintai di Kab. Wonogiri,” tutupnya.

Sementara pemberian penghargaan kepada Kodim 0728 Wonogiri dan Polres Wonogiri dalam rangka sinergitas TNI/Polri peduli, percepatan penanganan Covid 19, Kabupaten Wonogiri. Selama kegiatan berlangsung berjalan aman dan lancar. @Red

Komentar

News Feed