Nasional

Penuhi Tuntutan Warga, Kades Tenawahang FlotimTegaskan Siap Diperiksa

1
×

Penuhi Tuntutan Warga, Kades Tenawahang FlotimTegaskan Siap Diperiksa

Sebarkan artikel ini

FLOTIM – Untuk menjawab tuntutan sekelompok warga masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan Dana Desa Tenawahang hingga berujung di segelnya kantor Desa sejak Jumad 8/3/2024 hingga 12/3/2024, Kepala Desa ( Kades) Tenawahang, Kecamatan Titehena, Flotim, Bernadus Belawa Sogen S.pt, akhirnya angkat bicara.

Menurutnya, aksi penyegelan kantor Desa baru – baru ini sudah diselesaikan secara damai di kantor Desa, yang ditandai dengan upacara seremonial adat pada Rabu (13/3/2024).

“Terkait pengaduan maupun tuntutan sekelompok warga masyarakat berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa tahun 2020 hingga 2023, selaku pejabat publik saya siap diperiksa oleh lembaga Inspektorat Flotim”. ungkapnya kepada tim media ini, Selasa (12/3/2024).

Dikatakannya, sebagai pejabat publik yang menjalankan tugas sebagai KPA, sangat bersedia diperiksa dan siap di audit terkait pengelolaan Dana Desa Tenawahang sesuai pengaduan dan tuntutan warga.

“Saya tegaskan siap diperiksa, agar jangan ada lagi persepsi yang menyimpang dalam pengelolaan Dana Desa di Tenawahang”.ungkapnya.

Dirinya menambahkan, selama ini pihaknya selalu membuka pintu dan ruang diskusi, termasuk tidak perna menutup pengaduan di desa. Bahkan proses pemerintahan yang dijalankan saat ini sudah sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku”.

” Jadi proses pemerintahan sudah sesuai standar dan regulasi yang berlaku dan di dampingi pendamping desa. Namun jika dalam perjalanan, ada kelompok masyarakat yang menghendaki kita di audit, maka sebagai pengelola dana publik kita bersedia. Intinya kita siap diperiksa dan siap di audit Inspektorat”.tegas Sogen.

Terpisah Koordinator aksi, Andy Sogen kepada media ini mengatakan, Rekonsiliasi hari ini telah terjadi dan kami bersedia membuka segel palang pintu kantor Desa karena sudah ada jaminan dan kepastian dari pemerintah terkait tuntutan kami.

“Sudah ada kepastian dan jawaban dari pemerintah untuk melakukan pemeriksaan terhadap Kades Tenawahang, termasuk melakukan audit pengelolaan keuangan Desa”.terangnya

Sementara itu Kadis DPMD Kabupaten Flotim, Paulus P. kaha, SIP. MSi, dikonfirmasi tim media ini terkait persoalan dimaksutmengatakan, siap memenuhi tuntutan sekelompok warga Desa Tenawahang untuk melakukan pemeriksaan terhadap sang Kadesnya.

“Pemerintah Flotim telah memberikan kepastian kepada warga desa Tenawahang untuk melakukan pemeriksaan. Jadi sudah ada kepastian dari Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan dan audit sesuai tuntutan mereka”.jelas Paulus.

Tampak hadir dalam acara Rekonsiliasi tersebut, Camat Titehena, Kapolsek Titehena, Kadis DPMD Flotim, Inspektorat Daerah Flotim, tokoh adat, tokoh masyarakat serta kedua belah pihak. (Das)