oleh

Pemkot Probolinggo Jatim Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November

PROBOLINGGO – Bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Probolinggo Jalan Panglima Sudirman (Jatim), Kepala Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo Yeni Puspita, menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan 10 Nopember 2020, yang diikuti oleh peserta upacara dari unsur karyawan/karyawati Pemkot Probolinggo, TNI/POLRI dan Tagana. Selasa, (10/11/20).

Sementara di jajaran undangan, tampak hadir Ketua Pengadilan Negeri Darwanto, Pimpinan DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib, Kapolresta Probolinggo RM. Jauhari dan Kasdim 0820 Mayor Inf Meeftah Puadi.

Bertindak sebagai komandan Upacara Kapten Corps Zeni Tempur Bagus Handoko. Upacara Bendera kali ini merupakan salah satu momen yang menarik mengingat kegiatan tersebut diikuti secara terbatas dan melibatkan Veteran dan Paskibraka Kota Probolinggo sebagai petugasnya.

Gunawan, Veteran Kota Probolinggo yang didapuk sebagai petugas Pembaca Pesan-pesan Pahlawan, misalnya. Meski usia tak lagi muda, namun ia tetap bersemangat untuk menjalankan tugasnya kali ini. Hal itu terlihat dari bagaimana ia membacakan pesan-pesan pahlawan secara tegas dan lantang.

Yeni Puspita dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan hari pahlawan merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang berjuang demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan tidak datang begitu saja namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang. Semangat kepahlawanan yang dimiliki para pejuang hendaknya menjadi contoh dan terus ditumbuh kembangkan dalam sanubari segenap warga negara Indonesia “Ujarnya.

Mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”, Yeni menambahkan, hal itu menandakan Hari Pahlawan tidak diingat setiap 10 November saja, namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan perlu terus dikenang sepanjang masa.

“Momen ini kiranya dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih mencintai tanah air dan menjaga sampai akhir hayat. Saya mengajak, mari maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju dengan mengisi berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan,” Pungkasnya.

Sementara itu, pagi harinya dilaksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kota Probolinggo. Tabur bunga dipimpin oleh Kapolresta RM Jauhari bersama sejumlah anggota forkopimda dan pejabat pemkot setempat ,”Tandasnya@Red.

Komentar

News Feed