Nasional

Pemkot Bekasi Kembali Raih 2 Penghargaan

1
×

Pemkot Bekasi Kembali Raih 2 Penghargaan

Sebarkan artikel ini

BEKASI, mediapolri.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali meraih 2 penghargaan dari BKN Award 2023 dengan Kategori Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem Informasi dan CAT serta Penghargaan dari Kantor Regional III BKN dengan Kategori Penyelesaian Pemutakhiran Data Mandiri dan Anomali Data, Rabu (23/8/2023).

Penghargaan tersebut diterima Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi. Dalam rangka optimalisasi dan percepatan layanan kepegawaian, Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bekasi dapat mewujudkan komitmen sebagai instansi pemerintah yang dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien.

Hal itu dikemukakan Sub Koordinator Data dan Informasi BKPSDM Pemerintah Kota Bekasi Istri Mulyani SSos MSi ketika dihubungi wartawan melalui telepon selulernya. Sebab, penghargaan yang diterima oleh BKPSDM tersebut menjadikan pemacu dalam mendukung optimalisasi keakuratan data yang menjadi elemen dasar terpenting untuk mewujudkan layanan kepegawaian yang cepat, tepat dan efektif.

Sekedar diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diberikan kewenangan melakukan pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional kembali memberikan penghargaan bagi Instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Daerah melalui BKN Award 2023. Penghargaan diberikan bagi Instansi Pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing, termasuk pemanfaatan layanan digital ASN.

Untuk kategori Instansi Pemerintah yang dinilai meliputi Instansi Pusat, yakni terdiri dari Kementerian dan Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK); dan Instansi Daerah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten, serta Pemerintah Kabupaten/Kota. Adapun penilaian BKN Award 2023 dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu: Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik.

Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian; Pengembangan Kompetensi; Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja; Penerapan Pemanfaatan Data – Sistem Informasi dan CAT. Ketiga, kategori special mention yakni Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.

Selain sebagai bentuk apresiasi atas komitmen penyelenggaraan manajemen ASN, pemberian BKN Award bagi pengelola kepegawaian di lingkup Instansi Pusat dan Instansi Daerah ini diharapkan menjadi pemacu peningkatan kualitas pengelolaan ASN, khususnya dalam mendukung sistem manajemen ASN berbasis sistem merit. @gus