Nasional

Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kampung Bumi Agung Tahun 2024.

0
×

Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kampung Bumi Agung Tahun 2024.

Share this article

Camat Bumi Agung Firdaus menghadiri kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Kampung Bumi Agung, Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan, Lampung , Senin 13 Mei 2024.

banner 325x300

Kepala Kampung Bumi Agung Irifan Binawa membuka kegiatan tersebut.
Hadir dalam kegiatan Camat Bumi Agung Firdaus, Sekcam Bumi Agung, Indra, Kasi PMK Ambar, Kasi Pemerintahan Deni, Kepala Kampung Bumi Agung Irifan Binawa, BPK, Kaur, Kasi, dan Kepala Dusun yang ada di Kampung Bumi Agung.

Indra yang menyampaikan materi pada kegiatan ini” bahwa pembinaan aparatur Kampung sangat penting di sampaikan agar mengetahui tugas dan foksinya masing masing.
Dan pengelolaan aset desa bagi Kepala Desa, berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa telah mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota wajib melaksanakan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa tersebut dilaksanakan dengan memberikan pedoman dan standar pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa, yang selanjutnya secara khusus dalam hal pengelolaan aset desa, Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa.

“Fenomena dan dinamika yang berkembang akhir-akhir ini sering muncul berbagai permasalahan terkait dengan tata kelola aset desa, dan masih ada kepala desa serta perangkat desa yang harus berurusan dengan aparat penegak hukum akibat dari salah mengambil kebijakan dalam mengelola aset desa yang menjadi tanggung jawabnya,” kata Indra.

Sementara itu Camat Bumi Agung Firdaus mengatakan ” Menyadari berbagai permasalahan yang telah muncul dan berkembang yang ada di kampung maka kegiatan pembinaan aparatur Kampung ini menjadi sangat penting dan mendesak untuk dilaksanakan agar ke depan pengelolaan aset Kampung di dapat dilaksanakan sesuai asas fungsional, kepastian hukum, transparansi, keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai, yang menitik beratkan pada kedisiplinan, ungkap Firdaus.

Lebih Lanjut Firdaus menjelaskan untuk Bimbingan Teknis Penyusunan Profil Desa dilaksanakan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2012 tentang Monografi Desa/Kelurahan, di mana para Kepala Desa/Lurah wajib mengisi dan mengumpulkan data monografi tersebut pada setiap awal dan pertengahan tahun.

Firdaus menegaskan bahwa, data yang valid dan akuntabel merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan baik di tingkat pusat maupun pada tingkat daerah.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, Kampung Bumi Agung dapat memberikan informasi secara lengkap, terpadu, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan mengenai kondisi Kampung dalam rangka membantu Pemerintah Kecamatan Bumi Agung, Pemerintah Daerah dalam mengambil kebijakan untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Kampung yang efektif dan efisien serta dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera, Tutup Firdaus.

Sementara itu Kepala Kqmpung Bumi Agung Irifan Binawa menyampaikan “Dengan tujuan dilaksanakannya pembinaan apatur kampung ini memberikan pemahaman terhadap implementasi peraturan menteri dalam negeri tentang pengelolaan aset kampung, memberikan pemahaman secara teknis kepada pemerintah kampung dalam melakukan inventarisasi aset kampung sesuai dengan peraturan perundang-undangan, memberikan pemahaman kepada peserta mengenai gambar menyeluruh karakter kampung yang meliputi data dasar keluarga, potensi kampung, dan tingkat perkembangan kampung melalui sumber daya alam dan sumber daya manusia, membangun istitusi kampung yang lebih disiplin, fektif dan efisien, tutup Irifan Binawa.

Petrus Sumarno