Nasional

Peduli Pendidikan, Kapolres Sinjai Beri Bantuan Perangkat WiFi dan Kartu Provider Berkualitas Untuk SMPN 31 Pulau Kanalo 1

0
×

Peduli Pendidikan, Kapolres Sinjai Beri Bantuan Perangkat WiFi dan Kartu Provider Berkualitas Untuk SMPN 31 Pulau Kanalo 1

Share this article

SINJAI – Kapolres Sinjai, AKBP Fery Nur Abdulah, S.Ik, dengan cepat merespons setelah sebuah video viral menampilkan siswa kelas 3 dari SMPN 31 Pulau Kanalo 1, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai yang mencari sinyal internet di dermaga Pulau Sembilan selama ujian sekolah. Video tersebut menyoroti masalah kelemahan sinyal internet di sekolah yang membuat siswa harus mencari sinyal di luar lingkungan sekolah.

Melalui koordinasi Kapolres Sinjai Akbp Fery Nur Abdulah,S.Ik didampingi Kapolsek Pulau Sembilan Iptu Sahabuddin dengan Kepala Sekolah SMPN 31 Pulau Kanalo 1 Desa Pulau Persatuan Kecamatan Pulau Sembilan
Ibu Herwati dan Bapak Jumail (Wakil Kepala Sekolah SMPN 31), diketahui bahwa SMPN 31 Pulau Kanalo 1 memiliki 33 siswa, dan kelas 3 yang viral 9 siswa dalam video tersebut.

banner 325x300

Sekolah hanya memiliki satu jaringan WiFi dengan nama “the Link” yang dibiayai melalui Dana BOS, menggunakan provider iM3 Indosat. Meskipun telah mencoba beberapa penyedia WiFi, provider dan kualitas WiFi saat ini dianggap yang terbaik untuk daerah tersebut.

Insiden di dermaga Pulau Sembilan terjadi pada hari kedua ujian sekolah, Selasa, 23 April 2024, karena sinyal di sekolah dianggap tidak memadai.

Sebelumnya, pada tahun 2022, selama ujian sekolah, siswa pernah diungsikan ke kantor desa Pulau Persatuan yang memiliki sinyal internet yang baik, dengan jarak sekitar 350 meter dari sekolah.

Menyikapi hal ini, Kapolres Sinjai segera mengambil langkah konkrit dengan memberikan bantuan perangkat WiFi dan kartu provider yang berkualitas di lingkungan sekolah untuk meningkatkan akses internet.

Langkah ini melibatkan koordinasi dengan kantor cabang provider untuk meningkatkan bandwidth jaringan selama ujian sehingga masalah sinyal tidak terulang.

Selain itu, kantor kepala desa Pulau Persatuan dijadikan alternatif tempat ujian sekolah jika sinyal WiFi di sekolah masih lemah, dengan dukungan personel Bhabinkamtibmas dan anggota polsek Pulau Sembilan untuk membantu mobilisasi murid dan guru.

Kapolres Sinjai, AKBP Fery Nur Abdulah, S.Ik menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kualitas akses internet di SMPN 31 Pulau Kanalo 1 demi mendukung proses pembelajaran yang efektif dan lancar bagi seluruh siswa.

Upaya ini diharapkan dapat memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan akses internet yang memadai, terutama selama periode ujian sekolah.@red