Nasional

Peduli Kelestarian Alam, Polres Jepara Gelorakan Gerakan Penghijauan Sejak Dini

1
×

Peduli Kelestarian Alam, Polres Jepara Gelorakan Gerakan Penghijauan Sejak Dini

Sebarkan artikel ini

POLRES JEPARA – Kepolisian Resor (Polres) Jepara melakukan upaya penghijauan kembali di daerah pesisir pantai dengan penanaman ribuan bibit pohon di kawasan Pantai Bulak Baru, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Rabu (23/8/2023).

Hal itu sebagai bentuk peduli terhadap kelestarian lingkungan terutama di pesisir pantai.

Selain Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, penanaman dilakukan bersama Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta berserta unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

“Ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk melestarikan lingkungan dan melawan polusi udara. Apalagi saat ini sedang terjadi iklim El Nino yang menyebabkan pemanasan global, semoga usaha kecil ini, menjadi trigger dari usaha besar lainnya,” tutur AKBP Wahyu.

Disamping itu, Polres Jepara juga ikut mendukung program Mabes Polri dalam pemecahan rekor MURI penanaman pohon terbanyak secara serentak.

Total ada 21 juta pohon yang hari ini ditanam oleh Polri di berbagai wilayah di Indonesia.

Kapolres menjelaskan, bahwa Polres Jepara hari ini menanam sebanyak 2.500 bibit pohon.

“Ini dari berbagai varian bibit pohon, mulai dari Bibit Balsa, Ketapang, Tabebuya, Jambu, Durian, Mahoni, Akasia, Sirsat, Kayu Putih, Nangka dan tanaman keras lainnya,” kata AKBP Wahyu, Rabu (23/8/2023).

Menurut mantan Kapolres Sukoharjo ini, penanaman pohon di Jepara sendiri dipusatkan di wilayah pesisir di Pantai Bulak Baru, Kecamatan Kedung.

Namun, kata Kapolres, penanaman bibit pohon lainnya juga dilakukan di tempat lain. Dengan rincian 1.000 bibit di Kawasan Pantai Bulak Baru dan 1.500 bibit di masing-masing wilayah Polsek Jajaran Polres Jepara.

Selain di daerah pesisir, penanaman juga dilakukan di areal terbuka lain yang tersebar di sejumlah titik di wilayah hukum Polres Jepara.

Dalam penanaman tersebut, Polres Jepara diketahui turut dibantu oleh anggota TNI, pemerintah daerah (Pemda), stake holder terkait, warga masyarakat dan para aktivis pencinta lingkungan.

Uniknya, seluruh polisi dan elemen yang ikut dalam kegiatan itu menanam pohon dengan mengenakan ikat kepala merah putih.

Simbol tersebut sebagai upaya memberikan semangat kemerdekaan, dalam hal ini sebagai motivasi untuk melakukan penghijauan lingkungan sekitar.

“Dengan maksud kita mendukung program penanaman pohon untuk bisa menghijaukan wilayah-wilayah di Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengingatkan agar setelah kegiatan ini, bibit pohon yang telah ditanam tetap dirawat dengan baik sehingga bisa tumbuh optimal.

“Harapannya bisa membawa manfaat yang lebih besar dan berdampak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” pungkas AKBP Wahyu.

Sementara itu, Pejabat Bupati Jepara Edy Supriyanta sangat mengapresiasi dan mendukung secara penuh kegiatan Polri dalam rangka penanaman secara serentak di Indonesia yang diikuti seluruh Polda, Polres, sampai Polsek.

“Kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang baik yang dilaksanakan oleh Polri khususnya Polres Jepara dan saya mengucapkan terima kasih kepada Polres Jepara telah berpartisipasi menjaga lingkungan,” ujar Edy.

“Mudahan – mudahan kegiatan yang dilaksanakan oleh Polri ini dapat bermanfaat untuk warga masyarakat Kabupaten Jepara,” tandas Pejabat Bupati Jepara.

Untuk diketahui, kegiatan penanaman pohon yang mengambil tema `Polri Lestarikan Negeri, Penghijauhan Sejak Dini` tersebut berbarengan dengan kegiatan yang sama oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di wilayah Provinsi NTT yang disiarkan melalui saluran virtual.

(hms)