Nasional

Patroli Sat Samapta Polres Sinjai, Wujud Nyata Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Siang Hari

×

Patroli Sat Samapta Polres Sinjai, Wujud Nyata Antisipasi Gangguan Kamtibmas di Siang Hari

Share this article

SINJAI – Sebagai langkah antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Sinjai, Tim Patroli Satuan Samapta Polres Sinjai melakukan patroli intensif di dalam kota Sinjai pada hari Sabtu, 8 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan situasi keamanan di Kota Sinjai tetap aman kondusif.

Patroli yang dipimpin oleh Kanit Patmor Bripka Zulkifli bersama personel Sat Samapta Polres Sinjai ini menyusuri berbagai lokasi strategis dalam wilayah hukum Polres Sinjai.

Dalam pelaksanaannya, tim patroli bergerak secara sistematis dan menyisir area-area yang dianggap rawan akan potensi gangguan kamtibmas. Patroli ini untuk memastikan bahwa masyarakat Sinjai merasa aman dan terlindungi dari gangguan kejahatan.

Selain itu, tim patroli juga melakukan komunikasi intensif dengan warga setempat. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi terkini terkait situasi keamanan di lingkungan sekitar, sekaligus untuk mempererat hubungan antara kepolisian dengan masyarakat. Dengan cara ini, diharapkan Polres Sinjai dapat memperoleh data yang akurat dan relevan untuk mengambil tindakan preventif.

Kapolres Sinjai Akbp Fery Nur Abdulah, S.Ik melalui Kasat Samapta Akp Iriawan Pribadi, menuturkan bahwa patroli ini merupakan salah satu upaya nyata Polres Sinjai dalam meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat. “Kami akan terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memberikan rasa aman bagi seluruh warga Sinjai,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan patroli ini diharapkan dapat semakin memperkokoh sinergi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Sinjai.

Melalui kegiatan patroli rutin seperti ini, diharapkan dapat memberikan efek preventif terhadap potensi-potensi gangguan keamanan yang mungkin timbul, sehingga tercipta lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh warga.

Tidak hanya itu, patroli ini juga dijadikan kesempatan bagi personel Sat Samapta untuk membangun koordinasi lebih baik dengan masyarakat. Jika ada ancaman atau gangguan kamtibmas, masyarakat diimbau untuk segera menghubungi nomor pelayanan Kepolisian 110 atau melaporkan langsung ke kantor polisi terdekat. “Kami selalu siap menerima laporan dan siap bertindak cepat untuk menjaga keamanan di wilayah ini,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, tim patroli juga memantau dan mengecek beberapa titik yang dianggap rawan, seperti pasar, kawasan perbelanjaan, dan tempat-tempat keramaian lainnya.

Melalui kegiatan ini, Polres Sinjai berupaya memberikan rasa aman kepada masyarakat dan memastikan bahwa wilayah Sinjai bebas dari segala bentuk gangguan kamtibmas. Langkah-langkah preventif ini diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan serta memberikan rasa nyaman bagi warga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dengan adanya patroli rutin yang dilakukan oleh Sat Samapta Polres Sinjai, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih tenang dan terjamin keamanannya. Keberhasilan patroli ini tentunya tidak lepas dari kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat. Semakin eratnya hubungan antara keduanya akan semakin memperkuat upaya menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sinjai.