Nasional

Panglima TNI Upayakan Penyelamatan Pilot Susi Air Tak Timbulkan Korban Jiwa

×

Panglima TNI Upayakan Penyelamatan Pilot Susi Air Tak Timbulkan Korban Jiwa

Share this article

MEDIA POLRI – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan TNI terus berupaya melakukan penyelamatan terhadap pilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens yang disandera Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Pernyataan tersebut disampaikan Yudo Margono dalam rapat koordinasi sinergitas pemerintah dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan untuk menyukseskan Pemilu 2024, di Hotel Westin Jakarta, Senin (29/5/2023).

“Tentunya kita berusaha untuk menyelamatkan (Philip Mark Mehrtens). Kita tidak bisa menjelaskan secara detail tentang apa namanya taktik, strategi kita,” ungkap Yudo Margono.

Jenderal bintang empat TNI ini juga menjelaskan, upaya penyelamatan pilot Susi Air dilakukan dengan sangat hati-hati. Langkah ini dilakukan agar prosesnya tak menimbulkan korban jiwa dari masyarakat.

“Tetap berusaha menyelamatkan pilot dengan tidak menimbulkan korban jiwa, baik dari masyarakat,” ujarnya.

Menurut Yudo, pihaknya juga sudah memaksimalkan negosiasi dengan menggandeng tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat untuk pembebasan pilot Susi Air. Dia menyebut para tokoh agama dan masyarakat berharap tidak ada kontak tembak dalam penyelamatan ini.

“Yang nego kan dengan ini, kita sudah ketemu tokoh agama, tokoh masyarakat, kemudian dengan Pj bupati. Berusaha maksimal semuanya untuk bisa nego secara damai. Kalau nego kan secara damai otomatis, itu kita usahakan terus,” tuturnya.

“Kita ya hormati bahwa ada tokoh masyarakat yang akan berusaha menyelesaikan secara damai tersebut dan mereka juga tidak berharap ada kontak tembak antara TNI-Polri untuk menyelamatkan itu kita coba penuhi,” imbuhnya.@red