Nasional

Panglima TNI Gelorakan Gerakan Pembersihan Sampah dan Penanaman Pohon

×

Panglima TNI Gelorakan Gerakan Pembersihan Sampah dan Penanaman Pohon

Share this article

LEMBANG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko bersama Kapolda Jabar Irjen Pol. Akhmad Wiyagus dan PJ. Gubernur Jabar Bey Machmudin, mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto SE., M.Si., dan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc., dalam rangkaian kegiatan pembersihan sampah plastik dan penanaman pohon, di Situlembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Sabtu (27/01/2024).

Kegiatan juga dihadiri oleh Wakasad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpussenif, Danpussenkav, Danpussenarmed, Danpussenarhanud, para Asisten Kasad, Dansecapa AD, Danjen Kopasus, Kadispenad, para Danrem jajaran Kodam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dansat dan Kabalakdam III/Slw.

banner 325x300

Pada awal kegiatan, Panglima TNI dan KASAD beserta rombongan disuguhkan penayangan video pelaksanaan pembersihan sampah dan penanaman pohon yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menegaskan, tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui kebersamaan seluruh elemen baik TNI, Polri, Pemerintah, LSM, komunitas dan seluruh masyarakat termasuk menjaga kondusivitas wilayah pada Pemilu 2024.

”Gerakan pembersihan sampah plastik dan penanaman pohon yang diinisiasi oleh jajaran TNI, ini merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan. Harapannya apabila kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” tutur Panglima TNI.

“Kegiatan ini sesuai visi ketiga saya, yaitu Integratif. Semua kegiatan dilaksanakan dengan sinergi bersama semua elemen masyarakat,” jelas Panglima TNI.

Di kesempatan itu Panglima TNI, KASAD dan Pejabat lainnya menyerahkan secara simbolis bibit tanaman kepada perwakilan TNI, Polri, Pemda, LSM, Pramuka dan berbagai komunitas.

Pada kegiatan di Situlembang tersebut, disiapkan sebanyak 20.000 pohon Mahoni, Trembesi, Pinus, Sengon, Durian, Matoa, Salam, Akasia dan Suren. Sedangkan benih ikan Mas, Patin, Tawes dan Nila sebanyak 3.5 Ton.

Pemberangkatan dilakukan Panglima TNI terhadap 1.800 ‌peserta yang terdiri dari personel TNI AD, Polri, Pemda, Pramuka, Organisasi Masyarakat, LSM dan berbagai komunitas yang akan melaksanakan penanaman pohon dan penaburan benih ikan.

PJ. Gubernur Jabar sangat mengapresiasi inisiasi TNI dalam hal pembersihan sampah plastik, penanaman pohon dan pembenihan ikan karena akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup generasi yang akan datang.@red