Nasional

Pangdam III/Slw: Bintara Harus Jadi Tauladan Bagi Anak Buah

×

Pangdam III/Slw: Bintara Harus Jadi Tauladan Bagi Anak Buah

Share this article

BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Penutupan Pendidikan, Pelantikan dan Penyumpahan Prajurit Siswa Dikmaba TNI AD TA. 2023 (OV) dan Siswa Atlet Dikmaba TNI AD TA. 2023, di Lapangan Patriot Secaba Rindam III/Siliwangi, Jalan Arcamanik Bihbul, Kabupaten Bandung, Senin (29/01/2024).

Pada upacara penutupan pendidikan tersebut, Pangdam III/Slw melantik sebanyak 307 (Tiga Raus Tujuh) orang Bintara PK TNI AD yang terdiri dari 169 (Seratus Enam Puluh Sembilan) orang Bintara Reguler, 87 (Delapan Puluh Tujuh) orang Bintara Keahlian dan 51 (Lima Puluh Satu) orang Bintara Atlet dengan pangkat Sersan Dua (Serda).

banner 325x300

Dalam arahannya, Pangdam III/SLW menjelaskan, bahwa Bintara merupakan unsur komandan terdepan di satuan sebagai ujung tombak dalam membina Prajurit dibawahnya, serta merupakan kepanjangan tangan dari seorang Komandan Satuan (Dansat).

“Bintara sebagai unsur komandan harus menjadi tauladan bagi anak buahnya. Sehingga harus mempunyai sikap dan kepribadian yang baik, jasmani yang unggul, serta pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni agar tidak menjadi beban anak buah di satuan,” jelas Pangdam.

Bintara juga, lanjut Pangdam III/Slw, harus memiliki kepedulian terhadap setiap anggotanya dan bisa menjadi motivator bagi seluruh anak buahnya termasuk keluarganya. Karena, menurutnya, hal tersebut merupakan tanggung jawab jabatan setiap unsur komandan.

Pada kesempatan itu, Mayjen TNI Erwin Djatniko juga memberikan pesan khusus kepada para Bintara yang baru dilantik.

”Sebagai anggota TNI harus mempedomani Netralitas TNI pada Pemilu 2024, tidak boleh ditawar-rawar lagi dan harus dipegang teguh dimanapun bertugas,” pesannya.

Terkait dengan kemampuan yang telah didapatkan oleh para Prajurit, Mayjen TNI Erwin menegaskan, hendaknya hal tersebut digunakan untuk memupuk keberanian seorang prajurit di medan tugas, bukan untuk menakuti dan menyakiti orang lain.

“Kepada para prajurit Bintara, takutlah pada Tuhan. Karena langkahmu akan diselimuti kebenaran. Jadilah prajurit yang pemberani bukan pengecut dan penakut,” tegas Pangdam.

Usai upacara pelantikan, para mantan siswa Bintara menampilkan berbagai ketangkasan prajurit dan talenta yaitu kolaborasi musik, BDM, senam balok, Nikpursus serta diakhiri dengan Yel Yel.

Upacara tersebut, turut dihadiri oleh Kasdam III/Slw, Irdam III/Slw, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Kadisjasad, Danrindam III/Slw, Danpusdikjas, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dansat dan Balakdam III/Slw, Ka SPN Polda Jabar, Ketua Persit KCK Daerah III/Slw beserta Pengurus.