NasionalPOLRI

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Tewasnya Brigpol Setya Herlambang Ajudan Kapolda Kaltara

1
×

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Tewasnya Brigpol Setya Herlambang Ajudan Kapolda Kaltara

Sebarkan artikel ini

MEDIA POLRIKepala Kepolisian  Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo angkat bicara soal tewasnya ajudan Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Pol Daniel Adityajaya yakni Brigpol Setya Herlambang. Dia meminta jajarannya untuk mengusut kasus ini secara tuntas dan cermat.

“Yang jelas sudah saya perintah kepada Pak Kapolda bahwa terkait dengan peristiwa yang terjadi ini betul-betul diusut secara cermat secara tuntas,” kata Listyo saat ditemui di HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (24/9/2023).

Listyo meminta agar pemanfaatan Scientific Crime Investigation yang dimiliki Polri bisa betul-betul digunakan dalam mengusut tuntas kematian Brigpol Setya Herlambang.

“Manfaatkan yang kita miliki sehingga kemudian hasil akhirnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” ucap Listyo.

“Saya sudah perintahkan juga dari Bareskrim Puslabfor untuk ikut mendukung dokter-dokter forensik kita. Sehingga kemudian hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan ke publik terutama ke keluarga. Saya kira Polri selalu transparan,” ujarnya.

Sebelumnya, Brigpol Setya Herlambang yang merupakan ajudan Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya disebut menderita luka tembak di bagian dada kiri tembus ke belakang.

Hal itu diungkapkan Irjen Daniel sesaat setelah mengecek proses autopsi korban di RS Bhayangkara Semarang, Sabtu (23/9/2023) siang. Saat ditanyakan di mana luka tembak korban, Daniel menunjuk dada kiri.

Namun, saat ditanyakan lebih detail terkait hal itu, dia tak menjelaskan.

“Luka nanti bagian kesehatan yang menjelaskan, informasi terbatas ya ke keluarga. Kalau sudah jelas akan kami sampaikan,” kata dia.

Beberapa kerabat korban terlihat di lokasi, termasuk istrinya Wahyu Devi Fatmasari (28) yang sedang hamil tua. Dia diperkirakan bulan Oktober 2023 akan melahirkan anak kedua mereka.@humas