oleh

Napi Lapas Tangerang Diduga Kabur ke Hutan, Pasukan Khusus Brimob Polda Metro Jaya dikerahkan

JAKARTA – Polisi menambah personel untuk mengejar narapidana atau napi Cai Changpan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Penyisiran dilakukan di sebuah hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Pasukan Khusus Brimob Polda Metro Jaya dikerahkan untuk membantu mencari Cai Changpan yang diduga bersembunyi di hutan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, istri dan anak memberikan informasi keberadaan Cai Changpan.

Kepada polisi, mereka menyebut napi Cai Changpan lari ke hutan untuk menghindari kejaran petugas. Yusri mengatakan, jarak antara hutan dengan kediaman Cai Changpan cukup dekat.

“Kami mendapatkan informasi dari istrinya bahwa suaminya lari ke hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Hutan berada tepat di belakang rumah Cai Changpan,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Sabtu (3/10/2020).

Yusri mengatakan, hutan di wilayah itu cukup luas. Napi asal China itupun diduga telah menguasai medan.

“Penuturan istrinya, Cai Changpan sering berburu ke hutan sebelum terjerat kasus narkoba. Jadi dia hapal hutan tersebut. Itulah kenapa dia bisa bertahan sampai saat ini,” ucap Yusri.

Yusri menuturkan kelihaian Cai Changpan dalam bersembunyi di hutan tak lepas dari latar belakang sebagai mantan tentara. Yusri menyebut, Cai Changpan pernah mengenyam pendidikan militer sewaktu di China.

“Dia lulusan tentara di China sana, makanya dia belajar survival karena dia mantan tentara. Ini yang menjadi dia punya kemampuan untuk bisa survival di dalam hutan,” ucap dia.

Cai Changpan alias Cai Ji Fan melarikan diri dari Lapas Kelas 1 Tangerang dengan menggali lubang dengan panjang 30 meter dan diameter 2,5 meter. Selama delapan bulan Cai Changpan menggali jalur dari dalam sel menuju ke luar lapas.@net

Komentar

News Feed