oleh

Mobil Taktis Tangguh POLRI Barracuda 4×4 Buatan Korsel Rasa Jerman

MEDIA POLRI Dalam setiap kegiatan penting POLRI terutama satuan Brimod dan Gegana, terdapat satu jenis kendaraan keren yang kerap mendampingi aktifitasnya. Salah satu diantaranya adalah Barracuda 4×4. Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa kendaraan jenis ini memang sangat tangguh untuk tugas-tugas khusus dan berat, seperti pengawalan, pengendali massa serta dapat juga untuk pertempuran.

Secara umum mobil ini terlihat bongsor dengan bentuk segi enam. Terlihat kekar dengan warna abu-abu gelap dan ada tambahan strip warna kuning dan merah, khas warna POLRI. Terlihat tulisan POLISI dan logo satuan Brimob (versi Brimob).

Melansir dari Indomiliter, Barracuda 4×4 diproduksi Doosan Infracore, Korea Selatan walaupun dengan cita rasa Jerman yaitu menggunakan konsep Radpanzer TM-170 lansiran Thyssen Henschel. Rasa Jerman makin kental dengan sasisnya yakni mengadopsi truk Unimog Seri 5000.

Kendaraan rantis ini menggantikan Tactica buatan BAE Land System, Inggris, yang digunakan Brimob pada tahun 1990-an.

Walaupun berukuran besar dan berbobot 11,7 ton tapi jangan salah, kendaran ini mampu melesat dengan kecepatan maksimal 100 km/jam, Barracuda 4×4 dibekali mesin Daimler Chrysler OM924LA berkapasitas 3.730 cc empat silinder yang bisa memuntahkan power hingga 218 dk serta mengusung fitur Run flat, bahkan dalam kondisi ban kempes saja bisa melaju sampai 80 km/jam.

Rantis ini mempunyai kemampuan mengangkut 12 personel, dengan dua orang berada di kabin depan. Ada beberapa pintu untuk akses keluar, termasuk pintu di sisi kiri dan kanan untuk komandan dan pengemudi.

Masih melansir dari Indomiliter, Barracuda 4×4 ini dipersenjatai oleh berbagai tipe senjata, termasuk SMB (Senapan Mesin Berat) Browning M2HB 12,7 mm dan senapan mesin sedang kaliber 7,62 dapat dipasang pada roof mounted machine gun.

Untuk fitur pertahanan, di kabin belakang disediakan blok kaca yang bisa dikonfigurasi.

Disediakan juga kaca pandang sebanyak tiga buah di kiri kanan mobil. Di bawah setiap blok kaca tersedia lubang tembak atau firing port yang sesuai untuk laras SS-1, M16 atau Steyr AUG. Untuk membukanya, cukup memutar tuas disetiap lubang tembak.

Kaca depan dilengkapi kaca setebal 3 mmm dan diperkuat dengan pelat baja tambahan untuk menahan laju peluru.

Selain itu kemampuan mobil rantis ini adalah mampu menahan pecahan granat dan mampu menahan terjangan peluru sampai kaliber 7,62 mm. Kemampuan ini karena Barracuda 4×4 ini dilapisi oleh plat baja setebal 8 mm. @Injaya

Komentar

News Feed