Nasional

Mengatasi Stigma dan Diskriminasi dalam Penanggulangan HIV: Peran Komunitas dan Media di Deli Serdang

1
×

Mengatasi Stigma dan Diskriminasi dalam Penanggulangan HIV: Peran Komunitas dan Media di Deli Serdang

Sebarkan artikel ini

DELI SERDANG | Media Polri : Deli Serdang telah mengadopsi pendekatan berbasis hak dalam menanggulangi pandemi HIV/AIDS, melibatkan komunitas dan media sebagai mitra penting. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada aspek medis, tetapi juga mengintegrasikan prinsip-prinsip etika dan inklusi untuk menjangkau masyarakat kunci dan orang dengan HIV (ODHIV) yang sering kali menjadi korban stigma dan diskriminasi.

Peran Komunitas

Di Deli Serdang, komunitas lokal dan organisasi masyarakat sipil memainkan peran kunci dalam mendukung masyarakat kunci serta ODHIV. Mereka memberikan dukungan emosional dan sosial, serta memberdayakan mereka untuk berpartisipasi aktif dalam perubahan sosial. Melalui program pemberdayaan dan pendampingan, komunitas-komunitas ini membantu penyintas HIV/AIDS dan mengkampanyekan penurunan stigma dan diskriminasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Peran Media

Media di Deli Serdang memiliki peran penting dalam menurunkan stigma dan diskriminasi terhadap populasi kunci dan ODHIV. Dengan dukungan lembaga seperti (OPSI), jurnalis didorong untuk menyajikan berita yang humanis dan tidak diskriminatif. Liputan yang berfokus pada pengalaman manusia dan pengakuan hak-hak mereka membantu memperkuat narasi inklusivitas dan kesetaraan.

Melalui upaya kolaboratif antara komunitas, pemerintah, dan media, Deli Serdang berkomitmen mengatasi stigma dan diskriminasi dalam penanggulangan HIV/AIDS. Pendekatan berbasis hak, inklusif, dan berkelanjutan menjadi kunci dalam memastikan bahwa semua individu, tanpa terkecuali, dapat mengakses layanan kesehatan yang berkualitas dan mendapatkan perlindungan hak asasi manusia yang layak.

Dengan terus mengadvokasi kesetaraan dan keadilan, Deli Serdang menunjukkan komitmennya untuk merangkul individu-individu yang terdampak, serta memastikan bahwa tidak ada lagi yang terpinggirkan dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS di wilayah ini.@Yans