oleh

Masyarakat Desa Sukamulya Kabupaten Subang Menyambut Ruat Bumi dan Meriahkan Tradisi Adat

SUBANG – Warga Masyarakat Desa Sukamulya kabupaten Subang hari ini menyambut ruat bumi atau hajat bumi, untuk memeriahkan, tradisi adat yang sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat di pedesaan. Selasa, (03/11/20).

Seluruh warga masyarakat di masing-masing gang jalan meramaikan dengan cara menggantungkan hasil palawijah yang para petani menghasilkan dari tanaman yang sangat subur dan melimpah “Ucapnya.

Kata kades Desa Sukamulya Amar, Babinsa AD, Bhabinkamtibmas, perangkat Desa, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Para Petani. Pelaksanaan Ruat Bumi / mapagsri yang ada di Desa sudah menjadi tradisi dengan seni hiburan wayang kulit.

Sebelum para petani turun ke sawah, agar melaksanakan ruat bumi / mapagsri para petani mulai turun ke sawah untuk menanam padi atau palawijah menjadi sangat meningkat dan nanti hasil produksinya atau hasil panen meningkat ujar petani.

Nampak pula para warga sudah menyiapkan runtuyan di pinggir – pinggir jalan seperti hasil pertanian seperti padi, buah-buahan, umbi-umbian, dan sebagainya yang ada juga yang membuat runtuyan nya dari kue, minuman mineral.

Untuk menyambut kepala Desa, pemdes sukamulya yang akan pawai keliling mengarak tampak sangat bahagia dengan iring-iringan musik tradisional. Pawai terlaksana dengan meriah, dan tetap mengedepankan protokol kesehatan memakai masker dan jaga jarak ,”Terangnya@Jajang.

Komentar

News Feed