Nasional

Masa Tenang, Bawaslu Padang Pariaman Tertibkan APK Beberapa Waktu Lalu

0
×

Masa Tenang, Bawaslu Padang Pariaman Tertibkan APK Beberapa Waktu Lalu

Share this article

Lubuk Alung – Berlokasi di wilayah batang anai hingga lubuk alung sekitarnya Bawaslu Padang Pariaman menertibkan APK karna memasuki masa tenang dalam dua hari kedepan.

Bersama TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan dalam dua hari kedepan akan di tertibkan alat peraga sosialisasi (APS) yang menyerupai APK kata Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin saat penertiban APK di Batang Anai.

banner 325x300

Ia menyebutkan dari pendataan yang telah dilakukan pihaknya setidaknya ada ribuan APS yang diduga identik dengan APK namun sebagian besar telah di copot oleh para calon legislatif (Caleg) setelah usai jadwal kampanye yang telah ditetapkan mulai dari 28 November 2013 sampai 10 Februari 2024.

Ia menegaskan pemasangan APK di masa jeda atau di luar jadwal kampanye merupakan sebuah pelanggaran aturan kampanye karena kampanye di luar jadwal.

Seperti yang di ketahui pemasangan APK dan APS di daerah persimpangan jalan dapat mengganggu pengguna lalu lintas karena menutupi pandangan pengendara sehingga dapat memicu kecelakaan.

“Dinas Perhubungan menyarankan bahwa persimpangan merupakan kawasan dilarang karena banyak terjadi kecelakaan di persimpangan, jadi itu menjadi bagian yang kami tertibkan,” Jelasnya beberapa waktu lalu.

Bawaslu juga mengatakan banyaknya ditemukan APK milik para Caleg yang dipasang di fasilitas umum mulai dari pohon, tiang listrik dan internet, serta di daerah persimpangan dan itu bisa mengganggu kenyamanan para pengguna lalulintas.@Ajie