NasionalTNI

Marak Kasus Penipuan Modus Kirim Undangan Apk, Polisi: Jangan Didownload

2
×

Marak Kasus Penipuan Modus Kirim Undangan Apk, Polisi: Jangan Didownload

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Polres Metro Jakarta Selatan mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai Penipuan bermodus kirim undangan dengan format apk yang tengah marak belakangan ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi saat menggelar ‘Malam Pelayanan’ di Pos RW 03 Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Senin (23/5/2023) malam.

“Modus kejahatan baru yang saat ini sedang marak seperti pengiriman chat WhatsApp dari nomor tak dikenal yang mengirim terkait APK, PDF, seolah-olah mengirimkan undangan atau paket,” ungkap Ade Ary.

“Hati-hati, jangan di-download karena bisa meng-hack informasi yang ada di handphone kita,” sambungnya.

Dalam kunjungan ini, Ade Ary juga bertatap muka dengan ketua RT/RW setempat, tokoh masyarakat, serta sekuriti kompleks. Dia meminta seluruh elemen masyarakat memberikan informasi kepada kepolisian apabila menemukan gangguan kamtibmas.

“Sehingga problem solving bisa dilakukan dengan tepat dan cepat,” ucapnya.

Ade Ary menjelaskan, kegiatan ‘Malam Pelayanan’ adalah program Polda Metro Jaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Dalam program ini, selain bertatap muka, polisi juga memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti layanan pembuatan SIM dan SKCK.

Program tersebut juga dimanfaatkan oleh pihak kepolisian untuk mensosialisasikan cal center 110. Masyarakat diminta untuk menghubungi call center 110 agar mendapatkan bantuan dari kepolisian secara cepat terkait masalah kamtibmas.

“Nanti petugas call center akan meneruskan ke polres atau polsek terdekat untuk memberikan bantuan sesegera mungkin,” tukasnya.@Humas pmj