Luar Biasa, Personil Polres Berau Dapat Penghargaan Dari Kapolres, Dirikan Pesantren Tahfidz Al Qur’an

BERAU, Mediapolri.id – Setiap orangtua pasti ingin sekali anaknya mendapat pendidikan yang layak dan memiliki masa depan. Namun karena keterbatasan baik ekonomi maupun jarak, membuat orangtua ‘terpaksa’ harus mengurungkan niatnya.

Hal itu juga yang dirasakan salah satu personel Polres Berau ini. Berawal dari anak-anaknya yang menimba ilmu di Pulau Jawa sana, dirinya merasa beban yang diembannya sebagai orangtua begitu berat.

Dari hal tersebutlah, Aipda Romy Kalces terinspirasi untuk membuka sebuah pondok pesantren di Kabupaten Berau. Menurutnya, ada begitu banyak orangtua yang ingin memondokkan anaknya untuk jadi penghafal Al-Quran namun terkendala biaya.

“Saya wakafkan tanah waktu itu untuk pembangunan. Kami juga membeli lahan disitu sebagian di kreditkan. Hasilnya nanti digunakan untuk pembangunan pesantren. Itulah awal terwujudnya pondok pesantren tersebut,” jelasnya.

Kegiatan belajar mengajar di pesantren ini sendiri sudah berjalan selama 4 bulan sedangkan untuk peresmian masjid nya pada Bulan Ramadhan tahun lalu.

“Sekarang sudah ada 21 santri yang berasal dari berbagai wilayah Berau. Ada juga santri yang berasal dari Tarakan dan Malinau. Saat ini ada 4 pengajar termasuk saya sendiri,” lanjutnya.

Lanjutnya, dirinya mengajar olahraga, melatuh pidato dan mengajar dasar-dasar Al-Qur’an. Untuk penerimaan berikutnya akan dilaksanakan bulan Juni karena saat ini kapasitas asrama hanya untuk 22 sampai 23 orang.

“Khusus anak yatim piatu atau yang meninggal salah satu bapak atau ibunya, kami gratiskan masuk kesana,” ujar Aipda Romy.

Tujuan didirikannya pondok pesantren ini untuk membudayakan anak-anak sejak dini untuk membaca Al-Qur’an. Tujuannya untuk membumikan Al-Qur’an di Bumi Batiwakkal.

“Kini menjadi penghafal Qur’an tidak perlu jauh-jauh keluar kota jadi di Berau sini sudah ada fasilitasnya,” tuturnya.

Atas niat dan kegigihannya dalam upaya mendirikan pesantren tersebut, Kapolres Berau AKBP Edy Setyanto Erning memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Aipda Romy Kalces.

AKBP Edy juga mengucapkan terimakasih dan berharap menjadi contoh teladan untuk personel Polres Berau.

“Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Aipda Romy Kalces yang tulus mengabdikan diri di masyarakat. Semoga menjadi teladan bagi personel lainnya,” ungkap AKBP Edy.@Redaksi

Komentar