oleh

LSM Kaliber Sayangkan Pungutan di MTS Negeri 4 Bogor

BOGOR, mediapolri.id – Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Pasal 21 Ayat 2 menyebutkan, pelaksanaan PPDB pada sekolah yang menerima biaya operasional, sekolah tidak boleh memungut biaya.

Hal itulah yang disayangkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kaliber Indonesia Bersatu (Kaliber) Distrik 04 Kabupaten Bogor terhadap MTS Negeri 4 Bogor yang memungut biaya Rp1.850.000 kepada orangtua siswa. Demikian dikemukakan Ketua Distrik 04 Kabupaten Bogor Wawan Gunawan ketika ditemui wartawan di Cariu, Kabupaten Bogor, Senin (5/7/2021).

MTS Negeri 4 Bogor yang beralamat di Jln Brigjen Dharsono No 6 Desa Cariu, Kec. Cariu, Kab. Bogor memungut biaya untuk pendaftaran dan seragam sebesar Rp1.850.000. Hal itu berdasarkan pengaduan orangtua murid kepada LSM Kaliber. “Pungutan ini sangat memberatkan orangtua siswa/i. Sebab, pemerintah sudah menegaskan bahwa sekolah negeri tidak boleh memungut biaya,” jelas Wawan Gunawan.

Terkait pungutan tersebut, ketika dikonfirmasi wartawan melalui telepon selulernya bahwa orangtua murid untuk masuk di MTS Negeri 4 Bogor diharuskan membayar Rp1.850.000 dengan rincian uang bangunan dan seragam. “Istri saya disaat mendaftar di MTS Negeri 4 Bogor diharuskan membayar Rp1.850.000 untuk uang bangunan dan uang seragam,” jelasnya.

Sementara itu, Humas MTS Negeri 4 Bogor Tohari ketika dihubungi membenarkan pungutan tersebut. “Memang benar untuk mendaftar di sekolah ini diharuskan membayar uang bangunan dan seragam sebesar Rp1.850.000,” ungkap Tohari.

Oleh karena itu, LSM Kaliber Distrik 04 Kabupaten Bogor meminta kepada pemerintah kabupaten maupun dinas terkait untuk menindak sekolah tersebut. Sebab, pungutan tersebut sangat memberatkan orangtua murid. Dimana kondisi saat ini yang sangat memprihatinkan. (Red)

Komentar

News Feed