Nasional

Lewat Program Polsanak, Polres Purwakarta Kenalkan Tupoksi Polri Ke Anak TK

0
×

Lewat Program Polsanak, Polres Purwakarta Kenalkan Tupoksi Polri Ke Anak TK

Share this article

POLRES PURWAKARTA – Berbagai cara dilakukan Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat salahsatunya melalui Program Polisi Sahabat Anak (Polsanak)

Program Polisnak terus digalakkan oleh Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat terutama melalui satuan lalulintas (Satlantas).

banner 325x300

Kali ini, Polres Purwakarta menggelar kegiatan Outing Class, kepada RA Kecamatan Cipongkor, Kecamatan Batujajar, Kecamatan Sindangkerta, Kecamatan Gunung Halu, Kecamatan Cihampelas dan Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat di Objek Wisata Cikaopark Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, pada Rabu, 31 Januari 2024.

Sebanyak 980 siswa yang didampingi para guru itu dikenalkan tentang tugas kepolisian khususnya di Polres Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Dadang Supriadi mengatakan, Polisi bukan sekadar penegak hukum sehingga hanya berurusan dengan masyarakat yang terjerat masalah hukum.

“Karenanya, pengenalan fungsi polisi penting agar masyarakat mau terlibat dalam mendukung kerja Kepolisian. Untuk itu melalui program Polsanak ini kita kenalan tugas pokok kepolisian kepada anak-anak,” Ucap Dadang, pada Rabu, 31 Januari 2024.

Dadang mengatakan, kegiatan itu untuk memperkenalkan tugas polisi di masing-masing satuan fungsi, khusus bidang Lalulintas.

“Fungsi di Kepolisian sangat banyak. Seragam yang dikenakan sangat banyak. Melalui kegiatan ini kami perkenalan satu-persatu kepada siswa,” Ucap pria yang terkenal dengan keramahannya itu.

Dalam kegiatan tersebut, Dadang menjelaskan, puluhan murid RA ikut belajar bersama polisi lalu lintas di Objek Wisata Cikaopark Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Mereka tampak riang menyimak bapak-bapak polisi yang mengenalkan simbol rambu lalu lintas.

“Polisi Sahabat Anak ini kerap mengajak bercanda dan memberikan hadiah kepada anak-anak agar susasana belajar terasa hangat dan riang gembira. Harapan kami, anak-anak juga bisa mengingatkan orang tuanya saat dibonceng motor ke sekolah untuk selalu mengenakan helm demi keselamatan,” Harapanya.

Dadang menambahkan, program ini juga mengajarkan anak-anak untuk peduli lingkungan. Yakni, dengan menumbuhkan kepekaan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Hal-hal kecil ini jika dilaksanakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari mereka akan memberikan manfaat yang besar yakni mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang menutupi saluran air,” ujar Dadang Supriadi.