NasionalPOLRI

Letjen Maruli Simanjuntak Resmi Jadi KSAD

×

Letjen Maruli Simanjuntak Resmi Jadi KSAD

Share this article

MEDIA POLRI – Presiden Jokowi melantik Letjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi KSAD. Maruli diangkat menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang menjadi Panglima TNI menggantikan Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Pantauan di lokasi, hadir Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jendera Agus Subiyanto, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali.

banner 325x300

Hadir pula Menhan Prabowo Subianto, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, KSP Moeldoko, dan Ketua Wantimpres Wiranto. Sejumlah pimpinan dan anggota Komisi I DPR juga hadir dalam acara pelantikan ini.

Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Sekretaris Militer membacakan Keputusan Presiden RI Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan. Kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Agus Subiyabto dari jabatannya sebagai KSAD,” kata Sesmil, Rabu (29/11).

“Kedua, mengangkat Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD,” lanjutnya.

Setelah itu, Maruli mengucapkan sumpah jabatan secara agama Kristen Protestan. Maruli kemudian menandatangani Berita Acara Pengangkatan KSAD yang disaksikan Agus Subiyanto dan Listyo Sigit Prabowo.@red