oleh

Lantamal XI Merauke Siagakan Satgas Bencana

MERAUKE – Perubahan cuaca ekstrem khususnya di wilayah Merauke akhir-akhir ini dan sebagai tindakan antisipasi menghadapi banjir dampak La Nina membuat Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke membentuk Satuan Tugas (Satgas) Bencana yang pada kesempatan hari ini telah dilaksanakan Apel Gelar Satgas Bencana, yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lantamal XI Merauke, Jalan Noari Kabupaten Merauke, Selasa (23/11/2021).

Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso S.E. selaku Komandan Satgas Bencana dalam hal ini diwakilkan oleh Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto M.M. memimpin Apel Gelar Satgas Bencana tersebut, dengan melibatkan instansi terkait dan satuan samping serta pemerintah daerah guna bekerjasama dalam penanggulangan bencana di wilayah Merauke.

Apel kesiapsiagaan ini, bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut berperan aktif dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam.

Amanat Danlantamal XI yang dibacakan Wadan Lantamal XI menyampaikan, bahwa curah hujan yang meningkat akhir-akhir ini di wilayah Kabuaten Merauke dan sekitarnya untuk mengantisipasi terjadinya bencana di tahun 2021, Lantamal XI telah membentuk satgas penanggulangan bencana yang bermarkas di Mako Lantamal XI dengan menyiagakan 45 (Empat Puluh Lima) Personel, 2 (Dua) Unit Perahu Karet, 3 (Tiga) Unit Truk, 4 (Empat) Unit Tenda Pleton dan 2 (Dua) Unit Mobil Ambulance.

Sebagaimana telah tertuang dalam Amanat UU RI No 34 tahun 2004 tentang TNI, salah satu dari tugas TNI adalah membantu Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana, hal ini diaplikasikan oleh TNI AL dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., dengan memerintahkan seluruh jajaran TNI AL untuk terus bersinergi dengan seluruh Instansi dan pemerintah daerah untuk wajib membantu mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat sekeliling termasuk dalam penanggulangan bencana di setiap wilayah kerja TNI AL di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Wadan Lantamal XI mengatakan, “Persiapan yang kita laksanakan hari ini merupakan tahapan penting untuk memastikan bahwa peralatan penanggulangan bencana betul-betul bisa digunakan pada saat yang diperlukan dan Lantamal XI akan siap mendukung dan membantu apabila diperlukan untuk menolong korban bencana alam” Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir para Asisten Danlantamal XI, Dansatrol Lantamal XI, Para Kasatker Lantamal XI, Kepala Basarnas Kab. Merauke, Kapolres Merauke, Kepala Satpol PP Kab.Merauke, Perwakilan PMI Kab. Merauke, Kepala Damkar Kab. Merauke,1 Pleton Personil Lantamal XI, 1 Pleton Personil Yonmarhanlan XI, 1 Pleton Personil Lanud J.A. Dimara Kab. Merauke, 1 Pleton Personil Kodim 1707 Kab. Merauke, 1 Pleton Personil Polres Kab. Merauke, 1 Pleton Personil Basarnas Kab. Merauke, 1 Pleton Personil Satpol PP Kab. Merauke, 1 Pleton Personil Damkar Kab. Merauke dan 1 Pleton Personil PMI Kab. Merauke.

@Red

Komentar

News Feed