oleh

Lanjutkan Etape 10, Taruna Satlat KJK Lepas Titik Nol KM Menuju Nias

SUMUT – Tepat Hari Jadi ke-70 Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 10 Oktober 2021 ini, sejumlah 89 Taruna Laut Tingkat III Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (KJK) melanjutkan pelayaran selama 99 hari keliling Indonesia Etape-10 dari Kota Nol Kilometer Ujung Barat Indonesia, Sabang menuju Nias, Sumatera Utara, Minggu (10/10/2021).

Menurut Perwira Pelaksana Latihan KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan M.Tr.Opsla., mengatakan, bahwasannya setelah Tiga hari sandar di Dermaga Lanal Sabang dan telah melaksanakan berbagai kegiatan, Satlat KJK kembali akan menempuh pelayaran sejauh 470.55 NM dan diperkirakan akan tiba pada tanggal 13 Oktober 2021 di Nias.

Apel Kelengkapan seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KRI Bima Suci dan Staf Latihan KJK Taruna AAL Angkatan 68, sambung Letkol Pungki, menjadi awal aktivitas sebelum Kapal berlayar. Apel tersebut dipimpin Palaksa KRI Bima Suci dan Perwira Satlat KJK 2021, yang digelar di Dermaga Lanal Sabang.

Palaksa KRI Bima Suci Mayor Laut (P) Sugeng Hariyanto M.Tr.Opsla., melaporkan kesiapan kapal, lalu Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo S.H., M.Tr.Hanla., melaporkan kesiapan kapal berlayar dan bertempur, kepada Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo S.T., M.M.

Usai dilaksanakan doa untuk keselamatan selama dalam pelayaran, sesaat kemudian terdengarlah suara persiapan kapal berlayar dan bertempur dari pengeras suara kapal, diiringi bunyi dari seluruh alarm-alarm yang ada di kapal, untuk mengecek kesiapan dari masing masing bagian dan para ABK serta Taruna AAL sigap menempati pos tempurnya masing-masing.
.
Ketika aba-aba Peran Muka Belakang, dengan cepat dan lincah para Taruna Akademi TNI AL calon-calon pemimpin TNI AL/TNI dan bangsa masa depan ini,  menaiki tiang-tiang yang ada di KRI Bima Suci untuk melaksanakan parade roll sebagai bentuk penghormatan kepada Instansi TNI/Polri dan Forkopimda serta masyarakat Sabang, seiring Tim Merflug dari Lanal Sabang melepas tali-tali engkel kapal yang tertambat di dermaga.

Dalam pelepasan tersebut, tampak hadir Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, didampingi Wakil Asisten I Pemko Sabang, Andri Nourman, Kafasharkan Sabang, Kolonel Laut (T) Ivan Safari Kurniawan, Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto, Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, Danlanudal Sabang Letkol Laut (T) Sunarto, Danlanud Mus, para Pejabat Kota Sabang, Ibu-ibu Jalasenastri Lanal Sabang dan Pramuka Saka Bahari.

@Red

Komentar

News Feed