Nasional

Kunjungan Kerja Wilayah Perbatasan Di Kabupaten Sintang, Kapolda Sampaikan Penekanan

×

Kunjungan Kerja Wilayah Perbatasan Di Kabupaten Sintang, Kapolda Sampaikan Penekanan

Share this article

SINTANG – Sejumlah pejabat tinggi Pemprov Kalimantan Barat menggelar kunjungan kerja wilayah perbatasan yakni Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang, Jumat (19/5/23).

Rombongan yang terdiri dari Kapolda Kalbar, Pangdam XII TJP, Dantamal XII, Lakmas TNI dan Danlanud mendampingi kedua sosok yaitu Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Wasekjen MADN.

Tak lain agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka silaturahmi bersama masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia.

Dalam kunjungan pertamanya di Kabupaten Sintang usai resmi menjabat sebagai Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto pada sambutannya menyampaikan beberapa hal kepada tokoh dan pemuka masyarakat serta personil Polsek Ketungau Hulu.

Pertama ia menuturkan agar petugas Kepolisian dalam melakukan penyelesaian masalah dapat mengutamakan kearifan lokal yang kerap terdapat di wilayah tersebut sehingga masyarakat merasa familiar dengan aturan dan hukum yang berlaku.

Kedua terkait penguatan sarana telekomunikasi yang dapat menjangkau hingga ke wilayah pedalaman yang mana saat ini masih belum terjangkau mengingat kurangnya sarana seperti tower, pentingnya sarana telekomunikasi ini juga dapat membantu Kepolisian khususnya dalam mengoptimalisasi pelayan Polri.

Lebih lanjut prioritas terhadap putra-putri perbatasan dalam pendaftaran sebagai prajurit TNI ataupun Polri agar lebih diprioritaskan menurutnya.

“Prioritaskan anak-anak di perbatasan karena bagaimanapun ketika menjadi anggota TNI atau Polri, mereka juga akan dikembalikan ke wilayah asalnya tentunya ini untuk mengabdi dan membantu warga di daerah asalnya sebagai contoh di wilayah perbatasan seperti ini” Tutur Irjen Pipit.@Khairul/Hms