KPU Nisel Selenggarakan Ujian Wawancara Bagi Calon PPS, Kapolsek Lolowa’u Turut Memantau

NIAS SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan selenggarakan ujian seleksi wawancara terhadap calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum Tahun 2024.

Calon PPS yang mengikuti ujian seleksi wawancara hari ini yakni yang lolos ujian tes tertulis pada tanggal 12 Januari lalu atau berdasarkan pengumuman KPU Kabupaten Nias Selatan Nomor 06/ PP.04.1.Pu/1214/2023, dan dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai tanggal 20 Januari 2023 di V (Lima) wilayah yang tersebar di 35 (tiga puluh lima) Kecamatan se-kabupaten Nias Selatan, Rabu (18/01/23).

Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Nias Selatan Yulianus Gulo, SE menjelaskan kepada Media Polri bahwa calon PPS yang lolos ujian seleksi wawancara akan ditetapkan sebagai Panitia Pemungutan Suara dan dilantik sesuai tahapan.

“Berdasarkan kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan pewancara, menjadi pedoman atau penilaian KPU Nias Selatan untuk menetapkan anggota PPS, dimana dinilai lewat pengetahuan kepemiluan, komitmen dan rekam jejak calon PPS,” ungkap Yulianus Gulo.

Selain itu Yulianus Gulo menyemangati peserta yang kiranya belum beruntung pada perekrutan kali ini agar tidak putus asa dan tetap semangat.

Dikatakan bahwa pelaksanaan Ujian Seleksi wawancara calon anggota PPS untuk Pemilihan Umum tahun 2024 diselenggarakan berdasarkan wilayah yang sudah ditetapkan, yakni:

Wilayah I (satu) meliputi Kecamatan Telukdalam dan Onolalu dilaksanakan hari ini tanggal 18, Toma dan Mazino dilaksanakan pada tanggal 19, dan Kecamatan Lahusa, Sidua’ori beserta Somambawa dilaksanakan pada tanggal 20 berlokasi di Hotel Hernelis Telukdalam.

Wilayah II (dua) meliputi Kecamatan O’o’u, Fanayama dan Luahagundre dilaksanakan pada hari ini tanggal 18, Kecamatan Amandraya dan Ulususua dilaksanakan pada tanggal 19, Kecamatan Aramo dan Maniamolo tanggal 20, berlokasi di Gedung Kesenian dan Budaya Botohili Sorake Kecamatan Luahagundre.

Wilayah III (tiga) meliputi Kecamatan Lolowau dan Hilisalawa’ahe dilaksanakan pada hari ini tanggal 18, Kecamatan Hilimegai dan Onohazumba dilaksanakan pada tanggal 19, Kecamatan Huruna, Lolomatua dan Ulunoyo dilaksanakan pada tanggal 20 berlokasi di Kantor PPK Lolowau Kecamatan Lolowau.

Wilayah IV (empat) meliputi Kecamatan Gomo dan Boronadu dilaksanakan pada hari ini tanggal 18, Ulu Idanotae dan Umbunasi tanggal 19, Idanotae dan Susua tanggal 20 berlokasi di Aula Serba Guna Roh Kudus Lahusa Gomo Kecamatan Gomo.

Wilayah V (Lima) Pulau Pulau Batu, Pulau Pulau Batu Utara, Pulau Pulau Batu Barat dilaksanakan pada hari ini tanggal 18, Kecamatan Hibala, Pulau Pulau Batu Timur, Simuk dan Tanah Masa dilaksanakan pada tanggal 19 berlokasi di SMK Negeri 2 Pulau Tello Kecamatan Pulau Pulau Batu.

Pada penyelenggaraan Ujian Seleksi wawancara calon PPS terlihat Kapolsek Lolowa’u dan anggota serta Panwascam Lolowau mengawal serta memantau pelaksanaan ujian.@Beni

Komentar