oleh

Kinerja Irjen Pol Fadil Imran di Jatim Diapresiasi Presiden

JAKARTA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Azis resmi melantik sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri. Pelantikan dan sumpah jabatan dilakukan di Gedung Mabes Polri, dipimpin langsung oleh Kapolri Jumat (20/11/2020).

Dalam rotasi kali ini terdapat delapan posisi Kapolda di seluruh Indonesia yang mengalami pergantian. Berdasarkan Surat Mutasi Telegram bernomor ST/3222/XI./KEP/2020 tertanggal 16 November 2020 Inspektur Jenderal Polisi Dr. Mohammad Fadil Imran M.Si Ditunjuk Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menjadi Kapolda Metro Jaya Menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Drs Nana Sudjana A.S, M.M.

Jabatan Kapolda Metro Jaya yang kini dikomandoi oleh Irjen Pol Fadil Imran menjadi perhatian publik. Sosok Irjen Pol Fadil Yang Tegas, Cerdas dan Kerja Tuntas pantas jadi Metro satu.

Nama Fadil Imran sebelumnya sudah sangat akrab di internal Polri bahkan publik. Ia memiliki nama lengkap Mohammad Fadil Imran yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 14 Agustus 1968. Fadil Imran merupakan alumni Akademi Polisi (Akpol) tahun 1991 yang dikenal sebagai sosok jenderal yang cerdas, tegas dan bekerja tuntas.

Kehadiran Irjen Pol Mohammad Fadil Imran tidak asing lagi bagi warga DKI Jakarta. Selama 29 tahun mengabdi sebagai anggota kepolisian, beliau tercatat pernah bertugas di Polda Metro Jaya selama 22 tahun dan memiliki rekam jejak yang sangat cemerlang dan penuh inovasi. Ia pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di Polda Metro Jaya dan berpengalaman di bidang reserse.

Tahun 2016, beliau menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Di tahun yang sama beliau dipercaya menjabat sebagai Wadir Tipideksus Bareskrim Polri dan mendapat jabatan Direktur pertama di Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri dengan pangkat Brigadir Jenderal Polisi.

Gebrakannya mendapat sorotan ketika berhasil membongkar Jaringan Muslim Cyber Army (MCA) dan Kasus Saracen. Beliau juga dipercaya mengemban tugas sebagai Wakil Satgas Nusantara sebagai langkah pre emtif Polri mendinginkan suhu politik menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

Belakangan ini Fadil Imran juga mendapat apresiasi dari Presiden dan Kapolri saat menjabat Kapolda Jawa Timur saat itu berjibaku mengatasi pandemi Covid-19. Berkolaborasi dengan Forkompimda setempat, Irjen Pol Fadil melakukan inovasi dengan membentuk Kampung Tangguh Semeru dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Jawa Timur.

Berkat kerja kolaboratif dan inovatif Irjen Pol Fadil, wilayah Jawa Timur yang sebelumnya masuk kategori zona hitam, kini sudah menjadi zona kuning.

“Kampung Tangguh Semeru pondasinya gotong royong, tiangnya kebersamaan, atapnya keikutsertaan semua elemen, dindingnya keguyuban dan jendelanya kerukunan,” ujar Irjen Pol Fadil.

Hasil kerja kerasnya mendapat apresiasi dari Presiden dan Kapolri, sehingga Kampung Tangguh yang dibangunnya menjadi contoh baik dalam penanganan Pandemi Covid-19 dan kini serentak dibangun di seluruh pelosok negeri dengan sebutan Kampung Tangguh Nusantara. (DIR)

Komentar

News Feed