oleh

Ketum PPDI Pandeglang, Agus Muhammad Toha, S. Pd; Perangkat Desa Merupakan Elemen Penting untuk Kemajuan Desa

PANDEGLANG, Mediapolri.id – Rapat koordinasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten digelar di Villa KBC Karoeng Desa Margagiri Kecamatan Pagelaran Pandeglang pada Sabtu, (06/11/2021).

Kegiatan tersebut diadakan untuk membentuk satu tujuan dan misi agar dapat berjalan beriringan untuk mencapai tujuan, juga sebagai wadah penghubung aspirasi. Dalam meningkatkan kinerja para perangkat desa yang merupakan elemen penting untuk kemajuan desa.

Kepada wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Nasional Indonesia JNI Pandeglang, Ketua Umum Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pandeglang, Agus Muhammad Toha, S. Pd mengatakan, diadakannya rapat koordinasi bertempat di Villa KBC Karoeng Kecamatan Pagelaran sebagai sarana aspirasi dan advokasi khusunya perangkat desa dalam mengahadapi isu pemberhentian perangkat desa pasca Pilkades serentak 2021.

“Tujuan diadakannya rapat koordinasi yang dihadiri oleh kurang lebih 100 orang anggota mewakili masing2 desa se- kabupaten pandeglang ini sebagai sarana aspirasi dan advokasi,” terang Agus Muhamad Toha S.Pd selaku ketua umum.

Ia menambahkan, selain sebagai sarana aspirasi dan advokasi juga sekaligus mengahadapi isu pemberhentian perangkat desa pasca Pilkades serentak.

“Perangkat desa adalah salah satu elemen penting untuk kemajuan desa, yang mana mekanisme pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa pun sudah diatur dalam perundang undangan terutama UU no. 6 tahun 2014, Permendagri 67 tahun 2017, tentang perubahan Permendagri 83 tahun 2015,” ucapnya.

Namun demikian ungkap Agus, bukan berarti perangkat desa tidak bisa diberhentikan, tetapi pemberitaan itu harus mengacu kepada ketentuan yaitu aturan.

“Bisa saja kalau sesuai prosedur yang berlaku perangkat desa diberhentikan, kita ambil contoh usia sudah 60 tahun, mengundurkan diri, terkait kasus hukum, melanggar kode etik sebagai perangkat desa,” tutupnya .@Kasman.

Komentar

News Feed