oleh

Keren.. Pertunjukan Dalmas Polres Gianyar Mendapat Apresiasi Dari Juri Sabhara Polda Bali

Polda Bali – Polres Gianyar, Lomba dalmas yang diselenggarakan Dit Sabhara Polda Bali tidak disia – siakan oleh penampilan dari Kompi Dalmas Polres Gianyar. Jumat, 9/9/2022.

Kegiatan lomba dalmas ini merupakan salah satu bentuk kegiatan supervisi dalam rangka pengendalian unjuk rasa penolakan pelaksanaan Presidensi G20 yang di selenggarakan oleh Direktorat Sabhara Polda Bali.

Kegiatan ini di hadiri oleh ketua tim penilai Wadir Dit Sabhara Polda Bali AKBP Yudith Satria Hananta, S.I.K. beserta tim yang di sambut langsung oleh Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H. beserta pejabat utama dan Kapolsek Jajaran Polres Gianyar.

Penampilan dalmas kerangka dan kompi dalmas Polres Gianyar diselenggarakan di halaman parkir stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Wadir Sabhara Polda Bali selaku ketua tim di sambut dengan nyanyian yel yel Polres Gianyar yang di sampaikan dengan begitu semangat sebelum dirinya menyamapaikan sambutan dari Dir Sabhara Polda Bali.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wadir Sabhara Polda Bali yang intinya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan dan perelengkapan dalmas di masing masing polres jajaran Polda Bali.

“Saya beserta tim datang kesini untuk melaksanakam supervisi pengecekan, kesiapan dan perlengkapan dalmas Polres Gianyar, sehingga kami mengadakan lomba untuk menambah semangat di masing masing Polres untuk mempersiapkan diri menghadapi masa di lapangan”, ucapnya.

Seusainya arahan dari wadir Sabhara Polda Bali, dalmas kerangka dan kompi dalmas kembali ke daerah persiapan masing masing. Situasi di awali dengan aktifitas masyarakat dan pengaturan lalu lintas dari sat lantas dan patroli sabhara Polres Gianyar.

Situasi berkembang setelah Kasat Intel Polres Gianyar melaporkan kepada Kabag Ops Polres Gianyar akan adanya masa pengunjuk rasa yang berjumlah 60 sampai 200 orang.

Lanjut Kabag Ops Polres Gianyar memerintahkan untuk Kapolsek Kota agar mempersiapan Kerangka dalmas awal dan Sabhara mempersiapkan Kompi dalmas.

Sebelum masa turun ke gedung DPR Kabag Ops menjelaskan situasi yang akan di hadapi kepada para pejabat utama Polres Gianyar dan Kapolsek Jajaran melalui TWG (Tactical Floor Game).

Sesuai skenario yang sudah di siapkan, aksi dari peran yang menjadi masyarakat pengendara motor hingga pedagang menjadi fokus perhatian di awal pelaksanaan.

Lanjut masa mulai berdatangan dalmas kerangka siap menghadang di depan gedung DPR di pimpin oleh Iptu I Nyoman Gunadi yang berkekuatan 1 Pleton penuh.

Menggingat massa yang semakin banyak dan bringas, Kapolsek Gianyar meminta bantuan untuk di back up oleh Dalmas Lanjutan (Dalmas Inti Polres Gianyar).

Setelah dilakukan penebalan oleh Kompi Dalmas ternyata situasi tetap tidak terkendali dan massa cenderung semakin brigas dengan melakukan pembakaran banmobil di tengah jalan serta pelemparan kearah petugas.

Sehingga dilakukan upaya pengendalian situasi/membubarkan massa sesuai prosedur dengan menggunakan kemampuan dan peralatan yang ada (penembakan air oleh mobil AWC, penembakan gas air mata, serta bantuana dari BPBD, pemadam kebakaran dan di lanjutkan dengan penguraian massa oleh unit Raimas serta di akhiri dengan pagar betis dengan kawat berduri mobil security barrier serta menyiagakan mobil ambulance).

Dari penampilan kerangka dalmas dan Kompi dalmas Polres Gianyar Ketua tim beserta tim memberikan apresiasi dengan menyampaikan, “Polres Gianyar dinilai sangat siap dalam pengamanan Presidensi G20 dan kegiatan menonjol lainnya di Kabupaten Gianyar”, tutupnya Wadir Sahara Polda Bali mengakhiri pelaksanaan lomba.

Komentar

News Feed