POLRI

Kegiatan Jumat Curhat Menyame Braya Kapolres Jembrana Dengan Panitia Ngaben Kolektif di Desa Penyaringan

1
×

Kegiatan Jumat Curhat Menyame Braya Kapolres Jembrana Dengan Panitia Ngaben Kolektif di Desa Penyaringan

Sebarkan artikel ini

JEMBRANA – Polres Jembrana, Bertempat di Wantilan Desa Adat Penyaringan, Banjar Tengah, Desa Penyaringan, Kec. Mendoyo, Jumat (2/6/2023) pukul 09.30 Wita telah dilaksanakan kegiatan “Jumat Curhat” Menyame Braya Kapolres Jembrana yang diwakili oleh Kasat Binmas AKP Ni MadeSrianti, S.H. yang merupakan Program Prioritas Kapolri.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolsek Mendoyo, Camat Mendoyo, KBO Sat Binmas Polres Jembrana, para Kasi di Lingkungan Camat Mendoyo, Perbekel Desa Penyaringan, Sekdes Penyaringan, Bendesa Adat Penyaringan, dan Bendesa Adat Giri Utama.

Seijin Kapolres, Kasat Binmas Polres Jembrana AKP Ni Made Srianti, S.H. menyampaikan permakluman yang sedianya Bapak Kapolres Jembrana hadir dalam kesempatan ini namun karena ada tugas yang tidak bisa diwakilkan maka kami diperintahkan untuk mewakili.

Kasat Binmas mengatakan, kegiatan ini merupakan program prioritas Polri dari tingkat Mabes Polri yang ditindaklanjuti sampai tingkat Polsek. Mewakili Bapak Kapolres kami mengucapkan terima kasih karena telah menyediakan tempat dan kesediaan dukungannya dalam kegiatan ini.

Kasat Binmas AKP Ni Made Srianti mengungkapkan bahwa tahun ini sudah memasuki tahun politik, dengan itu dimohon dari Aparat Desa, Adat, maupun Tomas semuanya dapat turut menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Beda pilihan hal yang wajar dalam demokrasi. Kami berharap keberadaan Poskamling diaktifkan kembali dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, berkaitan dengan hal tersebut akan dilaksanakan lomba Siskamling, memohon dukungan semua pihak untuk mempersiapkan diri,” jelasnya.

Pihaknya juga menambahkan, kami dari Polri mempunyai program baru dengan membentuk Polisi RW untuk membantu menyelesaikan permasalahan Kamtibmas di wilayah Banjarnya masing-masing.

Kapolsek Mendoyo Kompol I Putu Suarmadi, S.H., M.H. dalam arahannya juga menyampaikan, “besar harapan kami agar komunikasi, koordinasi, dan sinergitas yang selama ini telah terjalin tetap dapat dilaksanakan dan ditingkatkan.”

Lanjutnya menyampaikan, secara umum disampaikan terkait situasi wilayah Kec. Mendoyo dalam keadaan kondusif, namun demikian akhir ini terdapat peningkatan kasus. “Untuk itu tingkatkan kembali Pam Swakarsa dalam hal ini Linmas maupun Pecalang agar juga dapat berperan aktif mengantisipasi gangguan Kamtibmas maupun tindak pidana,” ucap Kapolsek.

Ia juga menambahkan, terkait menggunakan media sosial agar lebih berhati-hati sebelum dishare agar disaring terlebih dahulu. Menjelang Pemilu 2024 agar bersama-sama dapat menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif, dimana dalam berdemokrasi pilihan boleh berbeda namun demikian kita saling menghargai/menghormati hak masing-masing individu.

Tak lupa disampaikan oleh Kapolsek Putu Suarmadi bahwa dalam menyongsong Lomba Siskamling untuk wilayah Kec. Mendoyo akan diwakili oleh Desa Yehembang. Harapannya setiap adanya kegiatan di masyarakat dapat disampaikan ke kami, untuk dilakukan langkah-langkah antisipasi dalam pengamanan.

Kemudian dari Bendesa Adat Penyaringan mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Jembrana sudah bisa datang ke desa kami, mohon maaf apabila dalam penyambutan terdapat kekurangan.

“Atas beberapa bantuan yang telah diberikan seperti plang himbauan upacara agama dan sebelumnya bantuan senter kepada Pecalang, diucapkan terima kasih. Pada kesempatan ini kami mohon bantuan keamanan dimana saat ini kami menyelenggarakan kegiatan keagamaan Ngaben dan Metatah Masal yang berlangsung sampai dengan tanggal 6 Juni 2023 mendatang,” ucap Bendesa Adat Penyaringan.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyerahan sarkon dari Polres Jembrana berupa 2 buah Rambu/Plang tanda Upacara Agama dan ditutup dengan sesi foto bersama.