oleh

Kasus Penganiayaan Warga Binaannya, Bhabinkamtibmas Polsek Biau Lakukan Problem Solving

BUOL – Polsek Biau, Sebagai ujung tombak Kepolisian di kewilayahan, peran personel yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat tugas dan kewajibannya yang harus selalu hadir ditengah masyarakat binaannya dalam membantu warga untuk menyelesaikan/ memecahkan permasalahan (problem solving) yang terjadi.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Biau Polres Buol Brigpol Rendy bisa menyelesaikan permasalahan penganiayaan dengan cara problem solving yang mengedepankan sikap humanis sehingga kedua belah pihak yang bersiteru antara Lk. Robby (pelaku) terhadap Lk. Adi (korban) yang terjadi di kos-kosan kelurahan Leok 2 dapat terselesaikan, Minggu (28/2/2021)

Adapun dalam penyelesaian masalah, Bhabinkamtibmas Brigpol Rendy bersama aparat Kelurahan Leok II Kecamatan Biau Kabupaten Buol menghadirkan kedua belah pihak yang bermasalah di dampingi kedua orang tuanya masing – masing dan sepakat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah.

Di sela-sela penyelesaian masalah, Bhabinkamtibmas memberikan nasehat dan himbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta menghimbau agar selalu mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari covid-19.

Bhabinkamtibmas juga berharap dengan adanya problem solving ini, permasalahan yang di alami oleh setiap warga masyarakat binaannya dapat di selesaikan dengan musyawarah sehingga tidak sampai ke ranah hukum.

Kapolsek Biau Iptu Jaozi, Amd., Kep bersama keluarga kedua belah pihak yang saat itu mendampingi bhabinkamtibmasnya dalam melakukan problem solving, memberikan kepercayaan sepenuhnya terhadap anggota Polri untuk menyelesaikan masalah tersebut dan ucapan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas Polsek Biau yang bertugas di Kelurahan Leok II di hadapan Kapolsek Biau atas masukan dan saran yang di berikan bhabinkamtibmas sehingga persoalan ini selesai tanpa ada paksaan

Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, S.I.K., melalui Kapolsek Iptu Jaozi, Amd., Kep., menyampaikan bahwa,”Kami selaku pimpinan di Polsek Biau selalu memotifasi serta memberikan arahan kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas agar selalu mendekatkan diri dengan masyarakat di desa binaanya masing-masing guna menjaga situasi agar tetap kondusif demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban di masyarakat,” ungkap Kapolsek Iptu Jaozi.

Di akhir Kegiatan, Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak dan saling meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut.@Rian

Komentar

News Feed