oleh

Kasi Kesos Kecamatan Sukaresmi’ Monitoring Pelaksanaan Program BPNT di Agen e-Warong Masni

PANDEGLANG – Pelaksanaan Penyaluran program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) di Agen e-Warong Masni Kampung Bakung RT 002, RW 001 Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten berjalan lancar.

Lancarnya pelaksanaan tersebut tidak lepas dari peran serta pemantauan pelaksanaan Seksi Kesejahteraan Sosial (Kasi Kesos) Kecamatan Sukaresmi dalam rangka edukasi, dan sosialisasi kegiatan.

“Pemantauan pelaksanaan Penyaluran program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) sebagai program transformasi bantuan pangan di Agen e-Warong Masni Desa Sukaresmi untuk memastikan program menjadi lebih tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas, dan tepat administrasi,” terang Kasi Kesos Kecamatan Sukaresmi Encep Surohman, S.E,. M.M. kepada media disela monitoring dilokasi Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), Selasa (06/04/2021).

Kasi Kesos Kecamatan Sukaresmi juga mengatakan, program BPNT, diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, dan memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM.

“Kami berharap rogram BPNT meningkatnya ketahanan pangan di tingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial, dan penanggulangan kemiskinan,” ungkap Encep Surohman, S.E,. M.M.

Ia juga menambahkan, Pelaksanaan program Sembako harus memenuhi prinsip yang dapat memberikan pilihan dan kendali kepada KPM untuk menentukan waktu pembelian, jenis, jumlah dan kualitas bahan pangan serta e-Warong.

“Pelaksanaan program BPNT harus memenuhi prinsip sesuai dengan pedoman umum dan petunjuk teknis yang
berlaku, karena Pedoman Umum Program ini merupakan tuntunan, arahan, atau rambu-rambu teknis pelaksana
program, agar KPM dapat memanfaatkan dana bantuan program serta memberikan pilihan dan kendali kepada KPM untuk menentukan waktu pembelian, jenis, jumlah dan kualitas bahan pangan,” papar Kasi Kesos Kecamatan Sukaresmi.

Lebih jelas Kasi Kesos Kecamatan Sukaresmi juga menyampaikan, Elektronik Warung Gotong Royong, (e-Warong) sebagai tempat pembelian Bahan Pangan oleh KPM, harus ikut serta dalam Pelaksana Edukasi dan Sosialisasi kepada Aeluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan tujuan pemberian pemahaman tentang pelaksanaan program.

“Agar program berjalan efektif sesuai dengan mekanisme pedum, kami selalu menyampaikan agar semua pihak ikut serta mengedukasi dan Sosialisasi khususnya kepada e-Warong memprioritaskan pelayanan maksimal terhadap KPM,” pungkasnya.

Ditempat yang sama e-Warong desa Sukaresmi mengucapkan terima kasih kepada pihak yang berperan dalam pemantauan dan pengawasan terhadap Pelaksanaan Penyaluran program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) dengan cara itu semua dapat berjalan dengan baik.

“Terimakasih atas peran sertanya Encep Surohman, S.E,. M.M selaku Kasi Kesos Kecamatan Sukaresmi yang selalu melakukan pemantauan, dan edukasi serta sosialisasi sehingga dengan demikian program dapat berjalan efektif baik terhadap e-Warong maupun masyarakat penerima program bantuan BPNT,” kata Sarmin pengurus e-Warong Masni di Desa Sukaresmi.

Senada Ucapan terima kasih disampaikan, Keluarga Penerima Manfaat yakni Marwi, bahwa pemantauan yang dilakukan Encep Surohman, S.E,. M.M selaku Kasi Kesos Kecamatan Sukaresmi berpengaruh terhadap kelancaran pelaksanaan penyaluran program BPNT di Desa Sukaresmi karena dengan cara itu semua dapat berjalan lancar, dan program
menjadi lebih tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas, serta tepat administrasi.

“Kami selaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari kelompok masyarakat berpenghasilan rendah sangat berterimakasih kepada Encep Surohman, S.E,. M.M yang sudah melakukan pemantauan pada saat pelaksanaan penyaluran program, hal itu dibutuhkan bertujuan untuk mengedukasi dan sosialisasi agar program berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip 6T yakni, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas, serta tepat administrasi,” tutup Keluarga Penerima Manfaat saat diwawancarai dilokasi pelaksanaan penyaluran program BPNT. @Kasman

Komentar

News Feed