POLRI

Kapolsek Susut Laksanakan Jumat Curhat Di Kantor Perbekel Desa Demulih, Kec. Susut

1
×

Kapolsek Susut Laksanakan Jumat Curhat Di Kantor Perbekel Desa Demulih, Kec. Susut

Sebarkan artikel ini

BANGLI – Polsek Susut, Pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2023 pukul 10.30 Wita Kapolsek Susut AKP I NYOMAN EDI SUWARYA, S.H., M.H didampingi PJU Polsek Susut dan Bhabinkamtibmas Desa Demulih Aiptu I Nengah Sumerta, telah melaksanakan *Jumat Curhat* yang berlokasi di Kantor Desa Demulih, Kec. Susut, dimana dalam pertemuan Jumat Curhat tersebut Kapolsek diterima langsung oleh Perbekel Desa Demulih beserta staf, dari BPD, Bendesa adat Se-Desa Demulih dan Para Kadus Se-Desa Demulih.

Dalam kesempatan tersebut pertama kali diberikan kesempatan kepada Perbekel Desa Demulih untuk menyampaikan situasi secara umum Desa Demulih yangbsampai saat ini disampaikan dalam keadaan aman dan kondusif, selanjutnya ada satu permasalahan yang disampaikan oleh Bendesa Adat Demulih yaitu terkait dengan keberadaan dan setatus TK Prawidya Darma yang ada di Desa Demulih, karena TK Prawidya Darma adalah satu-satunya TK yang bernaung dibawah Desa Adat karena lokasi sekolah TK tersebut adalah milik Desa Adat Demulih namun untuk saat ini disampaikan oleh Bendesa adat adanya ketidak idealan tenaga pendidik yang seharusnya mengajar di TK tersebut sebanyak 3 orang dengan 60 orang siswa yang ada, namun riilnya yang ada dilapangan sampai saat ini tetap 1 orang tenaga pendidik.
Bendesa juga menyampaikan bahwa kekurangan tenaga pendidik tersebut sudah pernah dilaporkan berkali-kali ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bangli, dan pada bulan Pebruari 2023 diberikan 2 tenaga pendidik berstatus pegawai Negeri dan baru jalan beberapa bulan 2 orang guru tersebut ditarik kembali tanpa diberikan pengganti yang baru.

Satu tenaga pendidik dengan 60 siswa dinilai tidak ideal sekali dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan untuk menyikapi hal tersebut saya selaku Bendesa adat melakukan rapat warga untuk menghasilkan keputusan terkait kondisi sekolah TK Prawidya Darma saat ini, dan dapat saya sampaikan bahwa hasil keputusan rapat warga adalah Moratorium atau penundaan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah TK Prawidya Darma Desa Demulih dan apabila dikemudian hari pemerintah memberikan tenaga pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah, kegiatan belajar mengajar akan dilanjutkan kembali.
Selain permasalahan yang disampaikan oleh Bendesa adat Demulih ada juga permasalahan adat yang disampaikan oleh Bendesa adat Tanggahan tengah dan itupun sudah mendapatkan solusi atau jalan keluar yang terbaik dari Kapolsek susut dan Ketua PHDI Kec. Susut yang pelaksanaannya mengedepankan Sipandu Beradat dimana semua permasalahan yang ada dimasyarakat dapat diakomodir dan dicarikan jalan keluar yang terbaik secara kekeluargaan sebelum permasalahan tersebut dilaporkan ke ranah hukum.

Perbekel dan semua jajarannya mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Susut beserta jajarannya yang sudah turun langsung ke masyarakat dalam melaksanakan program yang sangat bagus yaitu program Jumat Curhat sehingga apa yang menjadi permasalahan dimasyarakat dapat didengar langsung dan dicarikan jalan keluar yang terbaik sehingga situasi Kamtibmas di Kec. Susut secara umum dalam keadaan aman dan kondusif.