Kapolri Perintahkan Jajaran Harus Selektif Masukan Seseorang ke Penjara

JAKARTA, mediapolri.id – Kapolri Jendral Idham Azis mengirim seluruh jajaran kepolisian untuk tidak mudah memasukkan seseorang ke penjara selama pandemi virus corona atau Covid-19. Penanganan Kemunduran dengan Teknis tersebut

“Sudah ada petunjuk dari Pak Kapolri tentang jajaran kepolisian dalam melakukan tindak pidana penjara ini sangat selektif. Dan yang khusus terkait dengan proses penahanan penyidikan itu dilakukan sebagai upaya terakhir, ”tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (2/4/2020).

“Berharap seluruh pelajaran tentang perlindungan bagi penahananan tidak mudah,” lanjutnya.

Menurut Asep, proses penahanan harus melalui berbagai proses pertimbangan mendalam. Itu menjadi pilihan terakhir penyidik ​​dengan mengutamakan kemaslahatan masyarakat umum.

“Meminta yang dikedepankan adalah proses hukum normatif, tetapi juga mempertimbangkan sifat dari penanganan dan tindak pidana dengan situasi saat ini,” jelas dia.

Asep, hal ini merupakan tantangan Polri mengatasi masalah jumlah tahanan demi menghindari semakin tinggi penularan Covid-19.

“Ini juga mendukung untuk kita dapat melakukan pengelompokan fisik secara menyeluruh. Polri dapat membantu meningkatkan penyebaran virus corona,” Asep menandaskan.@humas

Komentar