Nasional

Kapolresta Palu Hadiri Simulasi Pemungutan Suara di TPS dengan SIREKAP

0
×

Kapolresta Palu Hadiri Simulasi Pemungutan Suara di TPS dengan SIREKAP

Share this article

PALU – Kapolresta Palu, Kombes Pol. Barliansyah, S.I.K., M.H., didampingi oleh Kabag Ops Polresta Palu Kompol Rommy, S.H., M.H. dan Kasat Intel AKP Fahat Hafidhulhaq, S.I.K., M.Sos menghadiri kegiatan pelaksanaan simulasi pemungutan suara dan penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu. Acara berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Kayumalue Ngapa, Kota Palu, pada hari ini, Palu 10 Februari 2024.

Simulasi ini merupakan bagian dari persiapan yang dilakukan menjelang pemilihan serentak tahun 2024. Kehadiran Kapolresta Palu dan Instansi Terkait Lainnya dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen aparat kepolisian dalam mendukung proses demokrasi yang transparan dan berkualitas.

banner 325x300

Dalam kegiatan tersebut Kapolresta Palu juga Menyampaikan pentingnya keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara berlangsung. “Kami akan memastikan bahwa setiap warga dapat melakukan hak pilihnya dengan aman dan tanpa tekanan,” ujar Kombes Polisi Barliansyah.

Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) yang diperkenalkan oleh KPU Kota Palu juga menjadi sorotan dalam kegiatan ini. SIREKAP diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses penghitungan suara serta menyajikan data yang akurat dan transparan kepada masyarakat.

Kegiatan simulasi ini diikuti oleh sejumlah petugas pemungutan suara (PPS), , serta pihak terkait lainnya. Mereka diberikan kesempatan untuk memahami secara langsung proses pemungutan suara dan penggunaan teknologi SIREKAP.

“Kami berharap dengan adanya simulasi ini, seluruh petugas pemungutan suara dapat terlatih dengan baik sehingga proses pemilihan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan prinsip demokrasi,” tambah Kapolresta Palu.

Kegiatan simulasi pemungutan suara dan penggunaan SIREKAP ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan semua pihak terkait dalam menghadapi pemilihan serentak tahun 2024. Semua elemen masyarakat diimbau untuk aktif dalam proses demokrasi dan menyalurkan hak pilihnya dengan bijak.@red