oleh

Kapolresta Palangka Raya Bersama Forkopimda Gelar Rapat Koodinasi, Serius Tangani Karhutla

KALTENG, Mediapolri – Polresta Palangka Raya Setelah berupaya serius dalam menangani serta mencegahan terjadinya kahurtla, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palangka Raya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Palangka Raya menggelar rapat koordinasi terkait hal tersebut.

Bertempat di Aula Markas Kodim 1016/Plk Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, rapat tersebut membahas tentang upaya lanjut untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada wilayahnya, Jumat (19/6/2020) pukul 14.30 WIB.

Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, S.I.K., S.H., M.Hum. menerangkan, perlunya meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi antar pemerintah dan instansi bersama masyarakat menjelang memasuki musim kemarau pada tahun ini.

“Sebagai langkah awal, Polresta Palangka Raya beserta jajaran telah mendirikan tujuh posko pantau dan mengatensikan kepada seluruh anggota untuk menggiatkan patroli serta sosialisasi kepada masyarakat tentang larangan karhutla,” tuturnya.

Hal tersebut digagaskannya setelah berhasil memetakan kawasan-kawasan rawan karhutla, berdasarkan hasil evaluasi penanganan karhutla pada tahun 2019 lalu, dimana terdeteksi 246 hotspot pada area seluas 20 Hektare.

“Kami juga telah mempersiapkan sarana maupun prasarana, serta sebuah inovasi baru yakni dengan menggunakan drone sebagai alat bantu dalam memantau kondisi kawasan rawan karhutla yang sulit terjamah apabila menggunakan kendaraan,” ungkap Jaladri.

Setelah memaparkan inovasi dan kesiapsiagaannya, dirinya juga menyatakan akan menindak secara tegas para pelaku karhutla dengan berlandaskan hukum yang berlaku dan prinsip humanis serta profesionalitas.@ Herry.f

Komentar

News Feed