oleh

Kapolresta Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional

Polresta Jayapura Kota – Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia Tahun 2021 bertempat di Lapangan Apel Kantor Walikota Jayapura, Rabu (10/11) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, M.M dan Komandan Upacara yakni Kaprim Lantamal X Jayapura Mayor Laut (T) Andri Kurniawan, S.T.

Turut hadir Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo, S.H., M.H, Dansatrol Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Khalimul Khakim, Pasiter Kodim 1701 Jayapura Mayor Inf. Edi Triwanto, Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura A. Eddy Soeprayitno S. Putra, S.H., M.H, Ketua Bhayangkari Cab. Jayapura Kota Ny. Yuhanna Gustav Urbinas dan seluruh Kepala OPD Pemerintah Kota Jayapura serta para Veteran pejuang kota Jayapura.

Rangkaian pelaksanaan upacara diawali dengan pengibaran sang saka Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dan Pesan-Pesan Perjuangan Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Jayapura membacakan amanat Menteri Sosial Ny. Tri Risma Harini yang intinya, Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.

“Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928,” pungkasnya.

Lanjutnya, Kita harus terus menggelorakan semangat Gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka: Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.

“Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan,” tandasnya.

Ia menambahkan dengan Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.

“Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) kita akan memasuki “bonus demografi”, yaitu periode di mana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan, Namun di sisi lain, juga terdapat kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. Kenyataan ini, harus kita hadapi dengan semangat wirausaha yang sesungguhnya. Kita pasti bisa, karena Tuhan kita Maha Kaya dan Maha Adil,” imbuhnya.

Ia pun menyatakan, melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

“Tentunya melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” paparnya.

Mengakhiri sambutan Menteri Sosial RI, dieinya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan.@Subhan

Komentar

News Feed