oleh

Kapolres Tolikara Pimpin Rapat Forkopimda Dalam Kesiapsiagaan Akan Bencana Alam Dan Kalender Kamtibmas

TOLIKARA – Bertempat di Aula Mapolres Tolikara Pemda dan TNI-Polri Laksanakan Rapat dalam rangka kesiapsiagaan akan bencana alam serta kalender kamtibmas diwilayah Kab. Tolikara. Selasa, (10/11/2020) Pagi.

Turut Hadir Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo di Wakili Staf Ahli Bupati BKSDM La Bansi S.KM, M,Si, Kapolres AKBP DR. Y. Takamully, SH.MH, Waka Polres Kompol Yosep G. Geleuk, Kabag Ops AKP Klemens Titirlolobi, SH, Kabag Sumda Kompol Suroji, SE, Pabung Tolikara Mayor C.H Saroy, Pasiter Kapten Inf. Rahmat H, Kasat Binmas Iptu Widada, Danki Pos YPR 432/WSJ Pusdika Danial Arief, Kasat Intelkam Ipda Sarimin, Kasat Samapta Ipda Zabur Esomar, Kapolsek Bokondini Ipda Remi Kogoya, Kapolsek Karubaga Ipda Ronald E. Marisan, Danki Pos Maleo Letda Inf. Tedi Susianto, Pa Unit Kodim Letda Inf. Sukmawan, Baton BKO Brimob Bripka Samsul, Kasat Pol PP Ebert Waisimon beserta anggota TNI-Polri lainnya.

“Dalam rapat tersebut Kapolres AKBP DR. Y. Takamully, SH.MH, menyatakan “Terimakasih atas kehadiran bapak disini kita bisa berkumpul di Aula ini untuk ada beberapa hal yang perlu dibahas dalam rapat koordinasi TNI/Polri dan Pemda Kab.tolikara.

“Kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana alam harus kita rencanakan dengan baik, karena bencana alam tidak dapat kita ketahui kapan datangnya namum melihat situasi dan kondisi yang berkembang di Indonesia marak terjadi bencana alam diakibatkan curah hujan yang tinggi di akhir tahun 2020, saya melihat kondisi wilayah permukiman di kab. tolikara masuk dalam kata rawan, lereng dan bukit serta struktur tanah yang bergerak.

“Mengingat kejadian bencana alam berupa banjir dan longsor yang terjadi pada tahun 2013, 2015 dan bulan september 2020 sehingga TNI/Polri siap sedia dan meminta kerjasama dari Pemda kab.tolikara untuk membentuk tim Satgas antisipasi bencana alam serta posko siap siaga bencana alam.

“Kesiapsiagaan sarana dan prasarana yang tersedia di kab.tolikara dicek dengan baik dalam rangka mengantisipasi jika terjadi bencana alam dikab.tolikara.

“Standar Operasional prosedur ( SOP ) dan cara bertindak jika terjadi bencana alam di wilayah kita yaitu dari BPBD kab.tolikara dibantu langsung Personil TNI-Polri dalam melakukan evakuasi terhadap warga yang terkena bencana.
Ungkap Kapolres

“Dalam hal Mengantisipasi kalender Kamtibmas di akhir tahun 2020 dikab.tolikara, Polres Tolikara akan membuat himbauan Kamtibmas tentang penggunaan petasan sehingga meminta dukungan dan kerjasama dalam penertiban peredaran petasan / kembang api di wilayah kab.tolikara.

“Perlu tindakan nyata dalam mengantisipasi penyebaran Covid – 19 di kab.tolikara karena pandemi covid 19 belum selesai, Pos yang akan di bentuk juga akan menjadi saringan dalam peredaran miras , Narkoba di kab.tolikara untuk melindungi masyarakat secara umum.

“Satu hal yang penting yang harus saya sampaikan pada rapat ini bahwa Agar kita besok pagi melaksanakan apel gabungan mengenai kesiapsiagaan bencana alam di Kab. Tolikara.
Ujar Kapolres AKBP DR. Y. Takamully, SH. MH

“Pabung Tolikara Mayor C.H Saroy Menambahkan “Dengan adanya kegiatan – kegiatan masyarakat yang meningkat dikarenakan Natal dan tahun Baru dikawatirkan akan tercipta klaster baru Covid – 19 di kab.tolikara, oleh karena itu diharapkan satgas aktif sampai dengan WHO dinyatakan bahwa pandemi covid – 19 telah selesai.

“Mengantisipasi bencana alam,untuk TNI dan Polri membutuhkan regulasi/ aturan yang jelas agar dalam melaksanakan tindakan itu berdasarkan hukum/aturan yang ada.

“Pintu masuk peredaran miras bahkan narkoba yaitu dari kabupaten Jayawijaya yang merupakan kabupaten yang memiliki bandara besar sehingga di butuhkan pembentukan pos pada pintu masuk/membuat sekat-sekat sehingga dapat mengkontrol kegiatan/peredaran miras/narkoba di kab.tolikara.
Ujarnya

“Asisten III Adi Wibowo menyatakan berharap kita semua Pemda, TNI/ Polri bersatu mengantisipasi segala kemungkinan yang belum terjadi sehingga daerah kita aman dari bencana alam.

“Tutup Kapolres Mengenai kendala apa saja yang ada dilapangan kita benahi bersama guna menjalankan program ini dengan baik demi Kemajuan wilayah Kab. Tolikara.@Ardhy . H

Komentar

News Feed