oleh

Kapolres Tanggamus Pantau Langsung Rapidtest Massal di Pasar Talang Padang

TANGGAMUS – Dalam rangka memutus mata rantai dan terkait hasil tracing pasien 036 terkonfirmasi Covid-19, Gugus Tugas Kabupaten Tanggamus menggelar rapidtest massal di Pasar Talang Padang, Jumat (2/10/20).

Polres Tanggamus hadir melaksanakan pengamanan dan bersama tim menginformasikan pedagang pasar, sesuai dengan Surat Bupati Tanggamus Nomor : 440/5786/25/2020 tentang Dukungan Pelaksanaan Kegiatan Rapidtest Covid-19.

Dalam kegiatan itu, sejumlah pejabat gugus tugas memantau kegiatan, bahkan Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK selaku Wakil Ketua Gugus bersama jajarannya dan TNI Koramil Talang Padang juga mendatangi kegiatan.

Pantauan di lokasi pada pukul 09.00 Wib, petugas gabungan berkeliling memberikan himbauan secara humanis kepada masyarak agar datang ke posko pemeriksaan untuk rapidtest. Hasilnya pedagang pasar berdatangan untuk rapidtest oleh sejumlah tenaga medis yang akan mengambil sampel darah mereka.

Kadis Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat mengungkapkan, hasil rapidtest massal pihaknya menyelesaikan 112 sampel darah pedagang pasar dan hasil keseluruhan non reaktif.

“Hasil rapidtest sebanyak 112 masyarakat pedagang pasar dan semuanya non reaktif,” kata Taufik usai kegiatan.

Lanjutnya, selain melaksanakan pengambilan sampel di Posko pemeriksaan, tim juga melaksanakan jemput bola dibeberapa gerai toko modern di Talang Padang tersebut.

“Kami juga mengerahkan tim ke beberapa Indomaret dan Alfamart guna melakukan jemput bola pengambilan sampel darah,” ujarnya.

Taufik menegaskan, dalam rapidtest tersebut masuk dalam kategori tidak tercapai dari harapan sebanyak 500 sampel darah, hal itu karena masih banyak warga yang belum membuka tokonya.

“Dari target kita belum bisa mencapai, sebab dapat dilihat banyak toko yang masih tutup. Namun setidaknya apa yang telah apa yang diharap sudah dirapid disini telah menggambarkan hasil screaning di pasar talang pada” tegasnya.

Ditempat sama, Camat Talang Padang Agustam Hamid mengaku bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat pedagang pasar terkait adanya rapidtest massal, namun karena banyak toko tutup.

“Kami sudah mensosialisasikan pedagang agar rapidtest namun, pedagang masih banyak yang tutup. Semuanya diluar dugaan,” ucapnya.

Sementara itu, menurut Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu Khairul Yassin Ariga, S.Kom mengungkapkan, pihaknya bersama Koramil melaksanakan pengamanan dalam rangkaian kegiatan tersebut.

“Pengamanan gabungan Polres Tanggamus sebanyak 22 orang. Alhamdulillah berlangsung lancar,” kata Iptu Khairul mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK. (Pon)

IMG 20201002 WA0228

Komentar

News Feed