Nasional

Kapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas Tahun 2024 

0
×

Kapolres Sanggau Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas Tahun 2024 

Share this article

POLRES SANGGAU – Bertempat di Halaman Apel Polres Sanggau telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan di Wilkum Polres Sanggau, Pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2024 sekira jam 08.00 WIB.

Selaku Inspektur Apel Kapolres Sanggau AKBP SUPARNO AGUS CANDRA KUSUMAH, S.H.,S.I.K. dengan Komandan Apel IPDA BELA ANANDA ANUGRAHNI, S.Tr.K yang dihadiri oleh Wakapolres Sanggau KOMPOL YAFET EFRAIM PATABANG, S.H., S.I.K., Pasi Ops Kodim 1204/Sgu KAPTEN INF. M. YUNUS, Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kab. Sanggau ANDREW SETIAWAN, PJU Polres Sanggau, Perwira Staff, Perwakilan penyematan pita tanda operasi, dan diikuti oleh Personil Polres Sanggau, 1 Pleton Subdenpom, 1 Pleton Kodim 1204/Sgu, 1 Pleton Sat Pol PP Kab. Sanggau, Komunitas dan Anak Sekolah.

banner 325x300

Komandan Apel memasuki lapangan Apel langsung mengambil alih pimpinan pasukan.
Inspektur Apel memasuki lapangan Apel.
Penghormatan pasukan.
Laporan Komandan Apel kepada Inspektur Apel.
Penyematan pita tanda operasi.
Amanat Inspektur Apel.
Laporan Komandan Apel kepada Inspektur Apel.
Penghormatan pasukan,Pembacaan doa,Apel selesai Inspektur Apel berkenan meninggalkan lapangan.

Foto bersama.

Penyampaian Amanat Kapolda Kalbar oleh Inspektur Apel

Mengawali amanat saya pada hari ini, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karunianya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, kekuatan, dan kesempatan untuk hadir mengikuti kegiatan *“Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan di Lapangan Mako polres sanggau ”.*

Perlu kita ketahui bersama, bahwa menjelang memasuki Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, diprediksi mobilitas di jalan raya akan mengalami tren peningkatan. momen hari besar keagamaan selalu mendorong kenaikan permintaan terhadap suatu barang dan segala kebutuhan pokok masyarakat. hal ini sudah pasti akan berdampak terhadap bertambahnya aktivitas dan kepadatan di jalan raya.

Arus mobilisasi keluar – masuknya barang di pasar, transportasi, tempat Ibadah yang menyelenggarakan Shalat Tawarih dan pusat perbelanjaan yang menjual makanan takjil atau menu berbuka puasa, akan menjadi konsentrasi massa dan dipadati oleh masyarakat.

Tentunya jajaran Polda Kalbar harus melakukan segala upaya dan memberikan Effort yang maksimal,* guna memastikan keselamatan masyarakat, sehingga seluruh kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan lancar.

Berdasarkan data dari Sat Lantas Polres Sanggau, sepanjang tahun 2023 telah terjadi 1.160 kejadian laka lantas, yang menyebabkan 393 korban meninggal dunia, 560 luka berat, 893 luka ringan dan kerugian materil senilai ± 5,9 milyar rupiah.

Hal tersebut menunjukan bahwa tingkat resiko kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di provinsi kalimantan barat khususnya kabupaten sanggau, masih relatif cukup tinggi dan perlu menjadi perhatian bersama.

Kolaborasi dan langkah *Partnership* dengan berbagai pihak, guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan etika dan aturan berkendara, hingga upaya dalam menyediakan berbagai fasilitas jalan yang baik dan memenuhi standar keselamatan sangatlah penting.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi meningkatnya pergerakan masyarakat dan arus lalu lintas tersebut, diperlukan strategi khusus dalam mengendalikan mobilitas masyarakat sekaligus memastikan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, salah satunya dengan melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan.

Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang bulan suci ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, Polri menggelar Operasi Keselamatan 2024 secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan di Kewilayahan.

Khusus di Kalimantan Barat Operasi tersebut dinamakan dengan sandi operasi *“Ops Keselamatan Kapuas 2024”* yang dilaksanakan selama *14 (Empat Belas) hari,* terhitung mulai tanggal *4 Maret 2024 s.d 17 Maret 2024.*

Dengan melibatkan total 765 Personel Jajaran Polda Kalbar dan anggaran sebesar Rp. 1.595.790.000,- (Satu Milyar, Lima Ratus Sembilan Puluh Lima Juta, Tujuh Ratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah) yang didukung oleh instansi terkait dengan mengedepankan tindakan simpatik, persuasif dan humanis kepada masyarakat pengguna jalan.

Tujuan Operasi ini dalam rangka meningkatkan disipilin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan Dan Idul Fitri 1445 Hijriah di Wilayah Hukum Polda Kalimantan Barat.

Dengan sasaran meliputi segala potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi mengganggu kamseltibcarlantas, baik sebelum, pada saat, maupun pasca Operasi Keselamatan Kapuas 2024.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, saya selaku kapolda kalbar akan memberikan beberapa arahan, untuk dipedomani oleh seluruh personel yang melaksanakan operasi keselamatan kapuas 2024.

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri, bahwa melakukan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

Kedua, siapkan performa terbaik masing- masing personel, terapkan Buddy System dan pedomani sop, agar siap merespon permasalahan masyarakat yang berkaitan dengan lalu lintas;

Ketiga, laksanakan deteksi dini, lidik, pengamanan serta pemetaan terhadap lokasi yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan;

Keempat, gencarkan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui media cetak, media elektronik dan media sosial;

Kelima, jalin langkah-langkah Partnership, kerja sama, sinergi, kolaborasi dan soliditas dengan pihak- pihak yang terlibat, sehingga memberikan penyelesaian yang solutif terhadap permasalahan lalu lintas;

Keenam, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas sebagai teladan bagi masyarakat dalam patuh berlalu lintas.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel jajaran Polda Kalbar, Mitra, Stakeholder dan seluruh pihak terkait yang terlibat dalam operasi keselamatan kapuas 2024 ini.

Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal baik dan ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian amanat yang dapat saya sampaikan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita semua, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, Aamiin Ya Rabbal Allamin.

Sekira jam 08.45 WIB bertempat diruang PPKO Polres Sanggau dilanjutkan dengan Lat Pra Operasi “Keselamatan Kapuas Tahun 2024 Polres Sanggau dan Pencanaangan Aksi Keselamatan Jalan yang dipimpin oleh Wakapolres Sanggau KOMPOL YAFET EFRAIM PATABANG, S.H., S.I.K. didampingi oleh Kasat Lantas Polres Sanggau AKP RISQI ARDIAN EKA KURNIAWAN, S.T.R., S.I.K. dan diikuti oleh seluruh personil terlibat dalam Sprin Operasi Keselamatan Kapuas Tahun 2024 Polres Sanggau. Adapun beberapa penyampaian dalam kegiatan Lat Praops.

Dasar pelaksanaan operasi.
Tugas pokok dan tujuan pelaksanaan operasi.
Waktu pelaksanaan operasi.
Target operasi.
Sasaran khusus operasi.
Data GK bulan Januari berbanding Februari 2024.
Data GK Ops Keselamatan Tahun 2022 berbanding 2023.

Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan sebagai bentuk kesiapan personil baik Polri, TNI, Instansi Terkait dan Mitra Kamtibmas dalam rangka pelaksanaan Operasi Keselamatan Kapuas Tahun 2024 di Wilkum Polres Sanggau yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 4 Maret 2024 s/d 17 Maret 2024.@Khairul/Hms