Nasional

Kapolres Purwakarta Hadiri Korlantas Hino Driver Trainer Contest

1
×

Kapolres Purwakarta Hadiri Korlantas Hino Driver Trainer Contest

Sebarkan artikel ini

PURWAKARTA – Dalam rangka memperingati HUT Ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara Tahun 2023, Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain menghadiri kegiatan Hino Korlantas Driver Trainer Contest, Senin, (18/09/2023).

Dalam kegiatan tersebut hadir pula kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi beserta Jajarannya.

Kegiatan tersebut, diinisiasi Korlantas Polri bersama PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) melaksanakan rangkaian kegiatan guna mendukung modernisasi Polantas yang Presisi, satu kegiatannya adalah Korlantas Hino Driver Trainer Contest.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat mengkampanyekan keselamatan berkendara di jalan raya, serta menggelorakan pelopor keselamatan berlalu lintas bagi para Pengemudi Kendaraan Besar seperti Truk dan Bus, dimana Customer Driver Hino mencapai sekitar 29.086 orang.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan kali ini yang dilaksanakan bersama antara Korlantas Polri dengan Hino, ini lebih kepada satu kegiatan strategis kolaborasi bagaimana kita mempersiapkan para calon-calon pengemudi, khususnya kendaraan-kendaraan besar berat untuk jenis B2 truk dan bus,” ujar Kakor Lantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi.

Kakorlantas Polri menambahkan, agar memiliki satu wawasan yang cukup bukan hanya tentang pengetahuan melainkan juga etika dan keterampilan dalam menguasai teknologi kendaraan-kendaraan terbarunya Hino.

“Kompetensi ini menjadi sangat penting untuk memandu menjadi bekal mereka ketika mereka berada di jalan raya, tugasnya banyak Hino ini kan ada yang ekspedisi, angkutan barang, ada yang dalam bentuk angkutan orang atau bus, ya kita sama-sama ingat yang di bawah itu sama pentingnya ekonomi barang harus berjalan,” terangnya.

Dengan adanya pelatihan ini penting diberikan wawasan kepada instruktur, Kakor Lantas mengatakan, untuk menjadi bekal dalam menguasai kendaraan dan menguasai jalan, serta teknik dan pengetahuan lain yang menyangkut keselamatan di jalan.

“Dan menjadi satu atitude, satu perilaku perbuatan yang ada dalam kehidupan sehari-hari,” sambungnya.

Sementara itu, After Sales Service and Technical Director PT. HINO Motors Sales Indonesia Irwan Supriyono menyampaikan, bahwa HINO sendiri harus memiliki supir yang berkompeten atau dan handal.

“Dari waktu ke waktu teknologi semakin maju, dengan adanya pengemudi yang sudah kita latih tidak hanya cara mengendarai tapi juga secara otomotifnya mesinnya sehingga mereka bisa memanfaatkan keunggulan teknologi itu secara optimal,” After Sales Service and Technical Director PT. HINO Motors Sales Indonesia Irwan Supriyono.

Irwan Supriyono berharap kepada pengemudi Hino agar bisa memahami secara total, sehingga tampaknya positif untuk safety, untuk pengusaha, juga ekonomis.@red