Nasional

Kapolres Purwakarta Hadiri Hari Pramuka Ke-62 di Jatiluhur

×

Kapolres Purwakarta Hadiri Hari Pramuka Ke-62 di Jatiluhur

Share this article

PURWAKARTA – Teruslah berkarya dan berkreasi dalam wadah gerakan pramuka. Maknailah masa l dan masa muda kalian dengan kegiat remaja an yang positif dan produktif. Yang membawa manfaat. Ingat selalu kandungan Dasadarma dan Hymne Pramuka.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain saat hadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Pada Senin, 14 Agustus 2023.

“Gerakan Pramuka telah mencapai usia 62 tahun, membuktikan gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. Semangat itu tidak pernah pudar dan tidak boleh pudar,” ucap Pria yang akrab disapa Edwar itu.

Kapolres berharap gerakan Pramuka mampu memberi inspirasi dan kontribusi terhadap bangsa dalam menjawab tantangan zaman. Pramuka juga sebagai kegiatan edukatif bagi generasi muda.

“Harapan kita, bisa memberikan makna yang cukup besar tentang persatuan dan kesatuan serta membumikan Dasa Darma Pramuka. Pramuka harus bisa memberi inspirasi dan kontribusi bagi bangsa,” Ucap Edwar.

Menurutnya, tantangan sekarang ini semakin kompleks, karena saat ini merupakan era milenial, era kemajuan zaman yang memberikan tantangan dan juga godaan besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbeda dengan zaman dahulu.

“Ditengah kondisi saat ini harapan kita generasi muda tidak lupa akan sejarah, melalui Pramuka patriotisme, nasionalisme harus bisa tumbuh dan berkembang demi persatuan dan kesatuan bangsa,” kata perwira Polri yang terkenal dengan keramahannya itu.

Edwar berujar, tema HUT Pramuka kali ini yakni ‘Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional’ harus direfleksikan oleh para pelatih, pembina dan instruktur satuan karya Pramuka.

Maka dari, lanjut Kapolres, melalui organisasi pramuka ini dapat membimbing para generasi muda maupun pelajar dalam membentuk karakter kepribadian yang tangguh.

“Pramuka sebagai pilar penting pendidikan generasi muda kita. Untuk mendidik generasi muda, siap menghadapi tantangan kehidupan ke depan dengan kemandirian,” tegasnya

Di sisi lain, Edwar menyampaikan di tahun 2024 mendatang akan menghadapi tantangan baru yakni tahun politik. Sehingga satuan karya Pramuka menurutnya harus menjadi pemersatu.

“Saya berpesan apapun pilihan jangan sampai ada perpecahan dalam gerakan pramuka. Justru pramuka harus menjadi pemersatu dan mempersatukan elemen di luar gerakan pramuka untuk jadi agen pemersatu,” ucapnya.

Selain itu, ia berpesan jadilah patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhineka Tunggal Ika demi kejayaan NKRI.

“Ke depan generasi muda diharapkan bisa mengikuti perkembangan jaman dan semangat tidak boleh pudar dan kita harus bekerja keras untuk kemajuan negara kesatuan yang tercinta ini,” Ucap AKBP Edwar Zulkarnain.@red