Nasional

Kapolres Poso Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

1
×

Kapolres Poso Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Sebarkan artikel ini

POSO – Hari Kesaktian Pancasila diperingati tiap tanggal 1 Oktober. Tahun ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 bertepatan dengan Minggu, 1 Oktober 2023.

Disebutkan dalam buku Pancasila oleh Hairul Amren Samosir, Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI.

Kepala Kepolisian Resor Poso AKBP Riski Fara Sandhy, SIK, MIK mengikuti upacara hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Apel Kantor Bupati Poso Kabupaten Poso Minggu (1/10/2023)

Bertidak selaku inspektur Upacara Dandim 1307 Poso Letkol Inf Hasroel Tamin , dan perwira upacara yakni IPDA Gervin .

Kapolres Poso mengungkapkan, bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Pandangan Hidup Berbangsa, merupakan hal wajib yang harus diperingati setiap tanggal 1 Oktober oleh prajurit Polri dan seluruh rakyat indonesia.
Tema Hari Kesaktian Pancasila 2023Tahun ini, “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Poso. Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintahan kabupaten Poso, Anggota TNI-POLRI, ASN beserta Siswa-Siswi Sekolah.

Dandim Poso mengharapkan, agar semua pihak selalu patuh dan setia terhadap nilai – nilai luhur Pancasila. Pasalnya Pancasila ini merupakan hasil perjuangan dan buah pikiran kesatuan pandangan dari pendiri bangsa dan pejuang terdahulu yang telah kita warisi. Dan tidak ada ideologi apapun dalam tatanan berbangsa dan bernegara selain Pancasila.

Tingkatkan nasionalisme dan patriotisme terhadap Pancasila yang merupakan fundamen negara yang tidak bisa tergantikan sampai kapanpun sepanjang sejarah peradaban Bangsa Indonesia. “Kita telah berdaulat mari kita wujudkan kesejahteraan berdasarkan keanekaragaman suku, ras, bahasa, agama dan budaya Ungkapnya.@red