Nasional

Kapolres Kubu Raya Check Clear Persiapan TPS Pemilu 2024

0
×

Kapolres Kubu Raya Check Clear Persiapan TPS Pemilu 2024

Share this article

POLRES KUBU RAYA – Persiapan pengamanan pemungutan suara Pemilu 2024 di seluruh TPS Kabupaten Kubu Raya digelar dalam rapat kesiapan Pemilu 2024 di Aula Lt 2 Polres Kubu Raya Jalan Mayor Alianyang Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada Rabu (17/1/24).

Rapat kesiapan Polres Kubu Raya dalam pengamanan pemungutan suara di TPS wilayah Hukum Polres Kubu Raya dipimpin langsung Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo, S.I.K.,S.H.,M.H yang didampingi Wakapolres Kubu Raya Kompol Hilman Malaini, S.H., S.I.K, dan Kabag Ops Polres Kubu Raya AKP Much Shofian, S.AP, M.AP dan diikuti seluruh Kapolsek, Kasium dan Kanit Intel Jajaran Polres Kubu Raya.

banner 325x300

Disebutkan secara detail, Polres Kubu Raya akan mengamankan 1.967 TPS di 9 (sembilan) Kecamatan Kabupaten Kubu Raya dan akan menurunkan personel gabungan Polres Kubu Raya dan Polda Kalbar dengan total 358 Personil serta dibantu 3.934 Personil pengaman dari Linmas Kabupaten Kubu Raya.

Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo saat dikonfirmasi melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Kubu Raya Aiptu Ade mengatakan, kegiatan rapat tersebut bertujuan untuk mempersiapkan pengamanan pemungutan suara di TPS yang tersebar di sembilan Kecamatan di wilayah Hukum Polres Kubu Raya serta pengamanan penghitungan surat suara pada Pemilu 2024.

Ade pun menjelaskan, dalam rapat tersebut Kapolres Kubu Raya melakukan Check Clear pendataan keseluruhan TPS di sembilan Kecamatan Kabupaten Kubu Raya beserta petugas yang akan dilibatkan dalam pengamanan sehingga pola pengaman pemungutan suara di TPS dan pengamanan penghitungan surat suara Pemilu 2024 disesuaikan dengan tingkat kerawanan dengan menerapkan konsep body system.

” Dari rapat tersebut seluruh Kapolsek Jajaran Polres Kubu Raya melakukan paparan, mulai dari jumlah TPS dan kebutuhan personil, sehingga pola pengamanannya sesuai dengan tingkat kerawanan dan kami Polri dalam pengamanan pemungutan suara di TPS serta penghitungan surat suara Pemilu 2024 menerapkan konsep body system,”jelas Ade, Kamis (18/1/24).

” Polres Kubu Raya akan mengamankan TPS di Kabupaten Kubu Raya dengan total 1.967 dan total Petugas gabungan yang melakukan pengamanan sebanyak 4.292 personil dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang memberikan hak suaranya,”ungkap Ade.

Kemudian Ade melanjutkan, setelah Kapolres Kubu Raya melakukan Check Clear terhadap data dari jumlah total keseluruhan TPS yang tersebar di sembilan Kecamatan Kabupaten Kubu Raya serta kebutuhan petugas serta sarana dan prasarana yang melakukan pengamanan yang dipaparkan oleh seluruh Kapolsek Jajaran Polres Kubu Raya. Polres Kubu Raya dalam hal ini siap mengamankan seluruh rangkaian Pemilu 2024 Dami melalui Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024 secara Cooling System.

” Bapak Kapolres dalam hal ini, meminta kepada seluruh petugas yang melaksanakan pengamanan pemungutan suara secara serentak di TPS yang tersebar di 9 Kecamatan Kabupaten Kubu Raya untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi secara cooling system dengan seluruh perangkat panitia pemilu di TPS masing-masing untuk menciptakan pemilu berjalan jujur,adil, tertib, aman dan kondusif,”terang Ade.

” Mengingat wilayah Kabupaten Kubu Raya terdiri dari wilayah perairan dan daratan sehingga memerlukan perhatian khusus dari personil yang melaksanakan pengamanan di seluruh wilayah Hukum Polres Kubu Raya,”ujarnya.

” Kami dari Polres Kubu Raya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya Kabupaten Kubu Raya untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas di seluruh rangkaian Pemilu 2024 di Kabupaten Kubu Raya hingga selesai. jaga persatuan dan menghormati perbedaan, jaga kerukunan meski beda pilihan jangan sampai kita bangsa Indonesia terpecah belah,”tegas Ade.@Khairul/Hms