Nasional

Kapolres Klungkung Pimpin Rakor Eksternal

×

Kapolres Klungkung Pimpin Rakor Eksternal

Share this article

KLUNGKUNG – Kapolres Klungkung AKBP Umar,S.I.K.M,H., Pimpin Rapat koordinasi eksternal dalam rangka Cipta Kondisi menjelang pelaksanaan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 dan Idul Fitri 1445 H bersama dengan Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, Kaban Kesbangpolinmas Kab. Klungkung Dewa Sweta Negara.

Hadir Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika, PJU Polres Klungkung, Kasatpol PP Kabupaten Klungkung, Ketua FKUB Kabupaten Klungkung, Ketua MUI Kabupaten Klungkung, Ketua MDA Kabupaten Klungkung, Kepala PLN Area Bali Timur, Bendesa Adat Semarapura, Bendesa Adat Kusamba, Bendesa Adat Gelgel, Kepala Kampung Jawa, Kepala Kampung Lebah, Kepala Kampung Gelgel, Kepala Kampung Kusamba, Ketua Paiketan Pecalang Desa Adat Semarapura dan Kepala Pasar Galiran bertempat di Ruang rapat Nusa Penida Polres Klungkung, Rabu, 6/3/2024.

banner 325x300

Kapolres Klungkung AKBP Umar,S.I.K.M,H., menyampaikan Puji syukur kita haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan petunjuknya pagi ini kita semua bisa berkumpul di ruangan ini dalam rangka Rapat koordinasi terkait Cipta Kondisi menjelang pelaksanaan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 dan Idul Fitri 1445 H.

Semoga dalam rapat ini kita semua dapat menyamakan persepsi sehingga situasi di wilayah Kab.Klungkung menjelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 dan Idul Fitri 1445 H dapat berjalan dengan aman dan lancar. Ujarnya

Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika memberikan pemaparan adapun latar belakang dilaksanakannya rakor ini yaitu Upaya cooling system Harkamtibmas pacsa pemilu 2024, Maraknya kejadian kriminalitas dan gangguan kamtibmas yang melibatkan penduduk pendatang, Antisipasi menjelang rangkaian perayaan Hari Raya Kuningan,Nyepi dan Idul Fitri 1445 H. dan Pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang bersamaan dengan dimulainya Bulan Puasa / Sholat taraweh.

Dandim 1610/ Klungkung Letkol Inf Armen Mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang sudah hadir dalam pelaksanaan rakor ini, kami berharap semoga perayaan hari Raya Nyepi dan Idul Fitri kali ini toleransi kita khususnya di wilayah Kab.Klungkung ini tetap akan berjalan dengan baik antar umat beragama, jangan sampai kita terpengaruh oleh oknum yang ingin memecah belah kita sebagai umat beragama, kami ingin Kab.Klungkung benar-benar menjadi Kabupaten yang memiliki tingkat toleransi dan keamanan yang tinggi.

Kaban Kesbangpol Klungkung Dewa Sweta Negara mengatakan bahwa Dalam rangkaian pelaksanaan Hari Suci Nyepi dan Idul Fitri tahun ini yang mana waktu pelaksanaannya diperkirakan akan bersamaan, maka dari itu marilah kita bersama-samansebagai umat beragama untuk saling menghormati kearifan lokal yang ada sesuai dengan Penyampaian seruan bersama tentang pelaksanaan rangkaian Hari suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946 yang mengacu kepada Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 7 tahun 2023 tanggal 24 Oktober 2023 tentang hari libur nasional, cuti bersama dam Dispensasi Hari raya suci Hindu di bali tahun 2024.

Penyampaian Ketua FKUB Kab Klungkung Bahwa Kami selaku FKUB klungkung sudah menindak lanjuti hal tersebut dengan melaksanakan rapat dan mengundang semua Ketua Majelis guna menyamakan persepsi terkait pelaksanaan Hari Suci Nyepi dan Idul Fitri.

Penyampaian Ketua MUI Klungkung Terkait dengan jadwal pelaksanaan Hari suci Nyepi dan Idul Fitri yang dimungkinkan akan bersamaaan kami dari MUI Kab.Klungkung akan tetap menunggu apa yang menjadi keputusan pemerintah dan untuk menyikapi hal ini sesegera mungkin kami akan memberikan seruan kepada seluruh kepala kampung dengan tujuan untuk bersama-sama saling menjaga toleransi di wilayah Kab.Klungkung tanpa mengganggu unat beragama satu sama lain.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama dengan para undangan yang hadir untuk menyikapi situasi dan kondisi menjelang pelaksanaan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 dan Idul Fitri 1445 H