Nasional

Kapolres Klungkung Besama PJ Bupati dan Dandim 1610 Gelar Operasi Keselamatan Agung 2024

0
×

Kapolres Klungkung Besama PJ Bupati dan Dandim 1610 Gelar Operasi Keselamatan Agung 2024

Share this article

KLUNGKUNG – Polres Klungkung Melaksanakan Apel Gelar Operasi Keselamatan Agung 2024 dan dirangkaikan dengan Apel Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan bertempat di Lapangan Apel Polres Klungkung, Sabtu, 2/3/2024.

Adapun tema yang di usung dalam Ops Keselamatan ini yaitu “Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Menjelang Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 Diwilayah Polda Bali”.

banner 325x300

Yang di Pimpin Oleh Kapolres Klungkung AKBP Umar,S.I.K.,M.H., bersama dengan PJ Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika dan Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen.

Dihadiri oleh Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika, Para PJU, Kapolsek Jajaran Polres Klungkung dan Para Undangan dari Instansi terkait di Kabupaten Klungkung.

Dan Peserta Apel yang mengikuti Apel Gelar Operasi Keselamatan Agung 2024 dan dirangkaikan dengan Apel Pencanangan Aksi Keselamatan 1 Pleton TNI Kodim 1610/Klungkung, 1 Pleton Satpolairud, 1 Pleton Gabungan Lantas ,1 Pleton Gabungan Reskrim dan Intel,1 Peleton Dishub, 1 Pleton Siswa SMA , 1 Pleton Pramuka dan Perwakilan komonitas sepeda motor dan Ojek online

Kapolres Klungkung AKBP Umar,S.I.K.,M.H.,Membacakan amanat dari Kapolda Bali menyampaikan Puji Syukur Marilah Kita Panjatkan Kehadirat Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa Karena Atas Asung Kertha Wara Nugraha-nya, Kita Semua Dapat Berkumpul Bersama Di Halaman Depan Mapolda Bali Untuk Melaksanakan “Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Agung- 2024 Dan Aksi Keselamatan Jalan”, Dalam Keadaan Sehat Walafiat.

Mengawali Amanat Ini Saya Mengucapkan Terima Kasih Kepada Para Tamu Undangan Yang Telah Hadir Dalam Apel Gelar Pasukan Ini. Pada Kesempatan Yang Baik Ini Saya Atas Nama Pimpinan Polda Bali Juga Mengucapkan Terima Kasih Dan Apresiasi Kepada Seluruh Personel Jajaran Polda Bali, Personel Jajaran Kodam Ix/udayana, Pemerintah Daerah, Instansi Terkait Serta Segenap Elemen Masyarakat Bali Atas Segala Dukungan Dan Kerja Samanya Dalam Rangka Mengamankan Rangkaian Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Semoga kolaborasi Dan Sinergitas Yang Telah Berjalan Dengan Baik Selama Ini, Dapat Semakin Kita Tingkatkan Kedepannya Untuk Mewujudkan Situasi Kamtibmas Di Wilayah Bali Tetap Kondusif.

Kita Ketahui Bahwa Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Adalah Elemen Vital Dalam Menunjang Kegiatan Perekonomian Dan Pembangunan. Peningkatan Aktivitas Berlalu Lintas Adalah Salah Satu Indikator Berkembangnya Kegiatan Perekonomian Suatu Daerah. Sebagai Daerah Destinasi Wisata Internasional, Kegiatan Perekonomian Masyarakat Di Bali Tergolong Cukup Padat Karena Masyarakat Yang Melakukan Aktivitas Di Bali Juga Berasal Dari Luar Bali.

Hal Ini Dapat Kita Lihat Di Beberapa Wilayah Bali Seperti Kota Denpasar, Badung, Gianyar Dan Tabanan Yang Menunjukkan Adanya Peningkatan Arus Lalu Lintas Yang Cukup Signifikan. Hal Ini Juga Menimbulkan Permasalahan Dimana Peningkatan Jumlah Kendaraan Tidak Diimbangi Dengan Meningkatnya Kualitas Dan Kuantitas Prasarana Jalan, Sehingga Mengakibatkan Kemacetan Hingga Kecelakaan Lalu Lintas.

Berdasarkan Data Yang Dihimpun Oleh Ditlantas Polda Bali, Selama Tahun 2023 Terjadi Sebanyak 7.454 Kasus Laka Lantas. Jumlah Ini Mengalami Peningkatan Sebesar 102% Dibandingkan Periode Yang Sama Tahun 2022 Sebanyak 3.692 Kejadian. Berbagai Kejadian Lakalantas Selama Tahun 2023 Mengakibatkan Korban Jiwa Sebanyak 615 Orang Atau Mengalami Peningkatan Sebesar 21% Dibandingkan Tahun 2022 Dengan Jumlah Korban Meninggal Sebanyak 508 Orang, Rata- Rata Yangmenjadi Korban Laka Lantas Adalah Masyarakat Usia Produktif.

Cukup Tingginya Kasus Laka Lantas Yang Terjadi Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor Seperti Pertumbuhan Jumlah Kendaraan Bermotor Yang Tidak Sebanding Dengan Tingkat Pembangunan Infrastruktur Sarana Dan Prasarana Jalan, Kondisi Dan Kelayakan Kendaraan Serta Perilaku Pengguna Jalan Yang Tidak Tertib Dalam Berlalu Lintas. Sebagai Pengemban Fungsi Kamseltibcarlantas, Kita Tidak Boleh Membiarkan Kondisi Ini Semakin Larut. Oleh Karena Itu Dibutuhkan Kerja Sama Dan Komitmen Dari Kita Semua Untuk Membangun Kesadaran Dan Kepatuhan Masyarakat Terhadap Peraturan Dan Keselamatan Berlalu Lintas. Keselamatan Dalam Berlalu Lintas Merupakan Suatu Kewajiban Yang Harus Kita Wujudkan Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Dan Dan Taraf Hidup Masyarakat, Sesuai Dengan Arahan Bapak Presiden Ri Dalam Rapim Tni-Polri 2024.

Untuk Mengurangi Jumlah Kejadian Lakalantas Di Wilayah Bali, Polda Bali Dan Jajaran Telah Melakukan Berbagai Upaya Mulai Dari Kegiatan Dikmas Lantas Seperti Sosialisasidan Penyuluhan Di Tingkat Sekolah Hingga Masyarakat Umum. Selain Itu Secara Berkala Polda Bali Dan Jajaran Juga Melaksanakan Operasi Kepolisian Di Bidang Lalu Lintas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Masyarakat, Salah Satunya Operasi Keselamatan Agung-2024 Yang Akan Kita Laksanakan Saat Ini.

Operasi Lalu Lintas Kali Ini, Akan Kita Laksanakan Selama 14 Hari Mulai Dari Tanggal 4 S.d 17 Maret 2024. Dalam Operasi Keselamatan Kali Ini, Kita Mengedepankan Pola Tindakan Preventif, Edukatif Dan Persuasif Secara Humanis Kepada Masyarakat, Kegiatan Operasi Kali Ini Juga Dilaksanakan Sebagai Upaya Cipta Kondisi Mejelang Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah Tahun 2024 Yang Jatuh Pada Bulan April Nanti,Melalui Operasi Kali Ini Diharapkan Kita Mampu Menciptakan Kondusivitas Kamtibmas Dan Kamseltibcarlantas Untuk Menghadapi Bulan Ramadhan Dan Mudik Lebaran Tahun 2024 Nanti.

Diakhir kegiatan Kapolres Klungkung Bersama dengan PJ Bupati Klungkung, Dandim 1610/Klungkung serta para undangan lainnya menyerahkan paket sembako kepada Komunitas Sepeda Motor dan Ojek Online selnajutnya dilaksanakan sesi photo bersama.@red