Nasional

Kapolres Klungkung Gelar Rakor Pengamanan Kampanye

×

Kapolres Klungkung Gelar Rakor Pengamanan Kampanye

Share this article

KLUNGKUNG – Polres Klungkung mengadakan Rapat Koordinasi terkait persiapan pengamanan kampanye Pemilu salah satu paslon. Rapat berlangsung di Ruang kerja Kapolres Klungkung , pada Sabtu, 27 Januari 2024 pagi.

Kapolres Klungkung dalam sambutannya, menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi untuk mengawal proses pemilu yang adil dan berkualitas, serta membahas langkah-langkah strategis guna menjamin kelancaran tahapan masa kampanye.
Gakkumdu dibentuk menjadi sebuah kesatuan dari Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian dalam menindak pelanggaran tindak pidana pemilu. Tujuannya yakni mengawal proses Pemilu agar berjalan dengan baik dan sesuai peraturan yang berlaku, sebagaimana yang tertuang dalam amanat UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Perbawaslu Nomor 3 tahun 2023, dan dituangkan dalam SK Gakkumdu Pemilu tahun 2024.
Kapolres Sekadau AKBP Umar menyampaikan agar Sentra Gakkumdu dapat menyatukan komitmen dan persepsi terutama dalam pola penanganan pelanggaran, kode etik dan untuk memastikan keamanan maupun penegakan hukum.
“Besok jangan sampai ada pelanggaran dan pastikan para simpatisan tidak membawa atribut yang berlebihan dikarenakan besok adalah kegiatan olahraga alangkah baiknya bendera dan atribut lainnya yg dirasa dapat mengganggu acara lebih baik di himbau lebih awal kepada ketua atau korlapnya masing-masing,” ucap Kapolres.
Kapolres menegaskan, Sentra Gakkumdu ada untuk menjaga tahapan proses Pemilu berjalan sesuai hukum yang berlaku. Jika ada pelanggaran, Gakkumdu siap menegakkan proses penegakan hukum terhadap pelanggar tersebut dan menjamin setiap tahapan Pemilu dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai dengan hukum yang berlaku.@red