Nasional

Kapolres Karangasem Tekankan Bhabinkamtibmas Netralitas Dalam Pilkada Serentak 2024

0
×

Kapolres Karangasem Tekankan Bhabinkamtibmas Netralitas Dalam Pilkada Serentak 2024

Share this article

KARANGASEM – Dalam kegiatan Anev Bulanan di Aula Kanya Badra Paramartha, Selasa (30/4), Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P. memberikan arahan kepada Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Karangasem. Kapolres didampingi Wakapolres Karangasem Kompol Ruli Agus Susanto, S.H., M.H. dan Kasat Binmas AKP I Nengah Sumerti, S.H.

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan rasa bangga atas semangat para Bhabinkamtibmas. Ia menekankan tugas pokok Bhabinkamtibmas agar bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat serta tidak mengeluh yang hanya menyebabkan penderitaan.

banner 325x300

“Fenomena gangguan kamtibmas belum maksimal dilihat dari data yang ada. Melalui kegiatan preemtif yang dilakukan Bhabinkamtibmas, mulai dari permasalahan cuaca yang berpotensi bencana, diharapkan mampu mengajak masyarakat untuk mencegah dampaknya,” ujar Kapolres.

Terkait kasus bunuh diri yang cukup tinggi di Karangasem, Kapolres menekankan pentingnya meningkatkan kualitas SDM melalui pembinaan masyarakat. Kemampuan yang harus dimiliki Bhabinkamtibmas antara lain memberikan informasi positif, menjadi figur panutan, memberikan afirmasi dan harapan, serta menyanyikan lagu yang memberi energi positif.

Untuk masalah kriminalitas seperti pencurian yang meningkat, Kapolres mengajak Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat bersama-sama menjaga dan tidak memberi ruang bagi pencuri agar gangguan kamtibmas menurun.

Menghadapi kegiatan internasional seperti World Water Forum (WWF) di Bali, peran Bhabinkamtibmas diharapkan mencegah potensi konflik di desa-desa agar tidak menimbulkan opini internasional negatif.

Kapolres juga menekankan netralitas dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024 dan memastikan pelaporan di Bos V2 berjalan baik dengan evaluasi mingguan.

Wakapolres Karangasem juga memberikan arahan menegaskan pentingnya Bhabinkamtibmas sebagai panutan masyarakat dalam berlalu lintas melalui pembinaan 3E (Edukatif, Entrepreneurial, Emosional) secara aktif dan berkelanjutan. Bhabinkamtibmas juga dituntut mahir seluruh fungsi teknis kepolisian dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik.@red