Nasional

Kapolres Karangasem Hadiri Rakor Pengamanan dan Ketertiban IBTK 2024 di Pura Besakih

×

Kapolres Karangasem Hadiri Rakor Pengamanan dan Ketertiban IBTK 2024 di Pura Besakih

Share this article

KARANGASEM – Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan rencana kegiatan Ida Betara Turun Kabeh (IBTK) 2024 di Pura Besakih, Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., menghadiri rapat koordinasi (Rakor) terkait pengamanan dan ketertiban (Ayah-Ayah) IBTK 2024.

Rakor ini diselenggarakan pada hari Selasa (19/3) di Balai Pesucian Pura Penataran Agung Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

banner 325x300

Hadir dalam Rakor tersebut Dishub Provinsi Bali, diwakili oleh Kabid Angkutan Jalan, Nyoman Sunarya, Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Provinsi Bali diwakili oleh Kasi Ops Putu Sanjaya, Kabag Ops Polres Karangasem, Kompol I Nengah Subangsawan, S.H, Kapolsek Rendang, Kompol Made Suadnya, S.Sos, Dandim 1623 Karangasem, diwakili oleh Danramil Rendang, Kapten Infantri I Wayan Jaya Antara, Camat Rendang, I Wayan Putu Arianta, S.H., M.H. serta Unsur terkait lainnya seperti ketua panitia IBTK, badan pengelola kawasan suci Besakih, bendesa adat Besakih, satuan Pol PP Kabupaten Karangasem, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Besakih, Sat Pol PP Kecamatan Rendang, Perbekel Desa Besakih, Orari Lokal Karangasem, ketua pecalang desa adat Besakih, dan pemangku pura Agung Besakih.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia IBTK menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk menindaklanjuti pembahasan dari rapat sebelumnya serta sesuai dengan surat edaran Pj Gubernur Bali Nomor 12247 tahun 2024 tentang tatanan bagi pemedek/pengunjung pada pelaksanaan karya IBTK di Pura Agung Besakih. Rencananya, IBTK akan berlangsung selama 21 hari, dimulai dari tanggal 25 Maret hingga 14 April 2024, dengan puncak acara pada tanggal 25 Maret 2024.

Kapolres Karangasem menyampaikan apresiasi atas kehadiran dalam rapat IBTK 2024 di Pura Besakih dan menekankan pentingnya kerjasama dalam memberikan pelayanan yang aman, lancar, dan nyaman kepada pemedek. Beliau juga membahas evaluasi terkait kehadiran pemedek dan pengguna rute, serta pembahasan terkait arus lalu lintas dan penempatan personel keamanan dari Polri.

Pihak-pihak terkait lainnya juga menyampaikan sambutan dan rencana kerja dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan IBTK 2024. Dishub Provinsi Bali, Sat Pol PP Kabupaten Karangasem, serta Dishub Kabupaten Karangasem, akan berkoordinasi untuk pemasangan rambu dan penempatan personel keamanan. Sementara itu, Sat Pol PP Kabupaten Karangasem siap mengamankan dengan fokus pada pengendalian ojek dan pedagang yang dapat mengganggu kenyamanan pemedek.

Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan pelaksanaan IBTK 2024 di Pura Besakih dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta memberikan pengalaman yang nyaman bagi para pemedek dan pengunjung. Semua pihak berkomitmen untuk bekerja sama dan menjaga ketertiban serta keamanan demi kesuksesan acara tersebut.@red