Nasional

Kapolres Karangasem Gelar Ngayah Mereresik di Pura Agung Besakih

0
×

Kapolres Karangasem Gelar Ngayah Mereresik di Pura Agung Besakih

Share this article

KARANGASEM – dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., M.H., M.K.P., menggelar kegiatan ngayah mereresik (bakti sosial) di area Pura Penataran Agung Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari persiapan menjelang pelaksanaan Upacara Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) 2024 di Pura Penataran Agung Besakih. Minggu, (17/3)

Kapolres Karangasem didampingi PJU Polres Karangasem, Kapolsek Rendang dan anggota Polres terlebih dahulu melakukan kegiatan ngayah mereresik dimulai dari areal bencingah, kemudian dilanjutkan di halaman sekitar Pura Penataran Agung Besakih.

banner 325x300

Selama kegiatan, Kapolres Karangasem juga melakukan koordinasi dengan Bendesa Adat Besakih untuk membahas mekanisme pelaksanaan upacara IBTK yang akan dimulai pada tanggal 24 April 2024. Hal ini sebagai upaya untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar dan sesuai dengan tata tertib adat yang berlaku.

Karya IBTK di Pura Besakih akan berlangsung selama 22 hari, dimulai dari tanggal 24 Maret 2024 hingga 14 April 2024. Polres Karangasem akan melibatkan 152 personel untuk mengamankan jalannya karya tersebut, dengan menempatkan mereka di titik-titik yang dianggap rawan kemacetan.

“Kegiatan Ngayah ini adalah salah satu bentuk nyata dukungan Polres Karangasem dalam kelancaran Karya IBTK di Pura Besakih. Kami juga melihat kegiatan ini sebagai upaya untuk mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat,” ungkap Kapolres.

Partisipasi Polres Karangasem dalam kegiatan Ngayah ini menunjukkan komitmen mereka dalam mendukung kelancaran Karya IBTK di Pura Besakih, serta sebagai upaya untuk memperkuat keterhubungan positif antara kepolisian dan masyarakat.

Kegiatan ngayah mereresik ini diakhiri dengan persembahyangan bersama di Pura Penataran Agung Besakih, yang dipimpin oleh Jro Mangku Nyoman Artawan.@red